PERSEPSI MUTU IBU BALITA PADA DIMENSI MUTU TANGIBLES TERHADAP PELAYANAN POSYANDU MEKARSARI I

WAHYUNINGSIH, DYAH and Dian Afriyani, Luvi (2022) PERSEPSI MUTU IBU BALITA PADA DIMENSI MUTU TANGIBLES TERHADAP PELAYANAN POSYANDU MEKARSARI I. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
Cover - Dyah Wahyuningsih.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Pengesahan Artikel - Dyah Wahyuningsih.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Abstrak - Dyah Wahyuningsih.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Lampiran Depan - Dyah Wahyuningsih.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I - Dyah Wahyuningsih.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II - Dyah Wahyuningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III - Dyah Wahyuningsih.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV - Dyah Wahyuningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - Dyah Wahyuningsih.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Dyah Wahyuningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran Belakang - Dyah Wahyuningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSINYA LENGKAP DYAH - Dyah Wahyuningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Posyandu Mekarsari I bertempat di Dusun Bengkle, Desa Gebugan, Kecamatan Bergas memiliki target cakupan posyandu yang ditetapkan oleh puskesmas yaitu sebesar 89%, sedangkan posyandu Mekarsari I baru mencapai 70 - 80 % di setiap programnya. Kader menyampaikan bahwa hal tersebut dipengaruhi oleh faktor orang tua yang malas untuk datang posyandu. Ibu balita menyampaikan Posyandu Mekarsari I masih kurang dari sisi tangibles diantaranya yaitu kekurangan tata letak meja posyandu, tempat posyandu masih kurang luas, peralatan belum modern Selain itu, lokasi posyandu tidak terlalu strategis, tidak di tengah desa, sehingga sebagian masyarakat merasa masuk posyandu terlalu jauh, sehingga mengurangi jangkauan pengunjung posyandu. Kondisi ini sangat berbeda dengan hasil wawancara selaama penelitian sekarang yang dimana ibu balita tidak mempermasalahkan hal tersebut. Tujuan: Menggambarkan persepsi mutu ibu balita pada dimensi mutu tangibles terhadap pelayanan Posyandu Mekarsari I Metode: Metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu balita di Dusun Bengkle sejumlah 80 orang. Adapun subjek penelitian (informan) utama dalam penelitian ini adalah ibu balita di Dusun Bengkle sejumlah 14 orang dan dan informan triangulasi berjumlah 2 orang yaitu kader posyandu dan bidan desa. Instrumen yang digunakan adalah wawancara terstruktur dan analisis data dengan menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil: Berdasarkan hasil wawancara dengan informan utama dan triangulasi, didapatkan hasil bahwa persepsi mutu ibu balita pada dimensi mutu tangibles secara keseluruhan sudah baik, hanya masih kurang dalam fasilitas fisik dan perlengkapan yang digunakan. Saran: Kader bekerjasama dengan petugas kesehatan dan perangkat desa untuk menyiapkan perlengkapan posyandu yang lebih modern. Kata Kunci : dimensi mutu, tangibles, posyandu, persepsi mutu, ibu balita Kepustakaan :

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
UNSPECIFIEDDian Afriyani, LuviUNSPECIFIEDnidn0627048302
Keywords: dimensi mutu, tangibles, posyandu, persepsi mutu, ibu balita, DYAH WAHYUNINGSIH, 153191005
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:21
Last Modified: 18 Jan 2023 01:21
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/3008

Actions (login required)

View Item View Item