DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRA SEKOLAH DI PAUD KOBER KARISMA BKN JATI KARANGSARI BINONG SUBANG TAHUN 2021

Pratnawati, Sri (2022) DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRA SEKOLAH DI PAUD KOBER KARISMA BKN JATI KARANGSARI BINONG SUBANG TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
PENGESAHAN ARTIKEL_SRI PRATNAWATI - Sri Pratnawati.pdf

Download (12kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL - Sri Pratnawati.pdf

Download (29kB)
[img] Text
ABSTRAK_SRI PRATNAWATI - Sri Pratnawati.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I - Sri Pratnawati.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB II - Tinalia wahyuni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB III - Sri Pratnawati.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB IV - Sri Pratnawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB V - Sri Pratnawati.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Sri Pratnawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
SKRIPSI SRI PRATNAWATI_152201124 - Sri Pratnawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan sosial anak prasekolah dapat dilihat ketika anak mulai bergabung dalam kelompok bermain, perkembangan sosial anak prasekolah di era modern semakin menurun, kebiasaan anak yang lebih memilih menghabiskan waktunya untuk bermain gadget daripada berinteraksi dengan teman sebaya, dan orang di sekelilingnya, sehingga akan memberikan dampak negatif pada perkembangan sosial anak. Tujuan : Mengetahui penggunaan gadget, durasi penggunaan, peran orang tua dan guru, dampak penggunaan gdget, serta upaya pennganan dampak penggunaan gadget pada perkembangan sosial anak. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam dan observasi, informan utama yaitu 6 anak usia 3-6 tahun dan 10 informan triangulasi orangtua, guru dan bidan. Instrumen yang digunakan panduan wawancara dan lembar observasi. Hasil : Penggunaan gadget >1 jam/hari,membuat anak kecanduan memberikan dampak pada interaksi sosial dan perkembangan kemandirian anak. Peran orang tua berperan aktif untuk mengawasi dan mengendalikan anaknya dalam menggunakan gadget, guru di sekolah berperan dalam membangun karakter anak dan memperhatikan perkembangan anak di sekolah. Upaya orang tua meluangkan waktu, rekreasi dengan anak, membatasi penggunaan gadget, guru memberikan permainan tradisional yang membangun kerjasama dengan temannya. Kesimpulan : Penggunaan gadget pada anak prasekolah memiliki dampak perkembangan sosial di PAUD Kober Karisma Bkn Jati Karangsari Binong Subang. Saran : Diharapkan peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan anak prasekolah dalam kegiatan interaksi agar mendapatkan hasil yang lebih komprehensif dan akurat.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
UNSPECIFIEDAlviani Putri, RismaUNSPECIFIEDnidn0604068803
Keywords: Dampak Gadget, Perkembangan Sosial Anak,SRI PRATNAWATI 152201124
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > S1 Kebidanan
User Id: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 31 May 2022 02:12
Last Modified: 31 May 2022 02:12
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/2369

Actions (login required)

View Item View Item