EVALUASI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK BALONGSARI SEHAT

Ose Motong, Agustina Sesilia (2022) EVALUASI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK BALONGSARI SEHAT. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
Pengesahan Artikel - Agustina Sesilia Ose Motong.pdf

Download (95kB)
[img] Text
cover - Agustina Sesilia Ose Motong.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Lampiran Depan - Agustina Sesilia Ose Motong.pdf

Download (585kB)
[img] Text
abtrak - Agustina Sesilia Ose Motong.pdf

Download (113kB)
[img] Text
abtrak - Agustina Sesilia Ose Motong.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I - Agustina Sesilia Ose Motong.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB II - Agustina Sesilia Ose Motong.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB III - Agustina Sesilia Ose Motong.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV - Agustina Sesilia Ose Motong.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
BAB V - Agustina Sesilia Ose Motong.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Agustina Sesilia Ose Motong.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
SKRIPSI_Agustina Sesilia Ose Motong_052191090 - Agustina Sesilia Ose Motong.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Apotek adalah sarana pelayanan kefarmasian, tempat dimana dilakukan praktek kefarmasian oleh apoteker. Pelayanan kefarmasian dikatakan baik jika apotek dapat memberikan kepuasan kepada pasien dengan hasil yang dirasakan pasien sama atau melebihi harapan maka pasien akan merasa puas dan tidak puas. Penelitian ini bertujuan mengetahui kepuasaan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Balongsari Sehat. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan penelitian cross sectional. Cara pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 89 responden. Metode perhitungan kepuasan pasien menggunakan tingkat kepuasaan pasien dan analisa data secara deskriptif. Hasil : Hasil uji validitas dan reliabilitas dari kuesioner menunjukkan hasil yang valid dan reliabel. Kategori karakteristik responden mempunyai hasil yang terbanyak yaitu perempuan dengan persentase (60.67%), umur 26-35 tahun (35.96%), pekerjaan wiraswasta (50.56%). Kepuasan pasien yang dilihat dari lima dimensi yaitu sangat puas dengan dimensi kehandalan (88.46%), dimensi ketanggapan (86.59%) , dimensi jaminan (88.08%) , dimensi kepedulian (87.64%), dimensi bukti fisik (92.06%). Kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian secara umum yaitu sangat puas (88.57%) dan rata-rata harapan dengan nilai 89,02% (sangat penting). Kesimpulan: Tingkat kepuasaan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Balongsari Sehat adalah dimensi keandalan (88.46%), dimensi ketanggap (86.59%), dimensi jaminan (88.08%), dimensi empati (87.64%) dan dimensi bukti fisik (92.06). %) yaitu sangat puas.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
UNSPECIFIEDYuswantina, RichaUNSPECIFIEDnidn0630038702
Keywords: apotek, kefarmasian, kepuasan, pelayanan,Agustina Sesilia Ose Motong 052191090
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas UNW > S1 Farmasi
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 12 May 2022 06:42
Last Modified: 12 May 2022 06:42
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/2271

Actions (login required)

View Item View Item