PENGARUH KEGIATAN MEWARNAI, MENGGUNTING, DAN MENEMPEL (3M) TERHADAP KOORDINASI MATA DAN TANGAN UNTUK ANAK 5 – 6 TAHUN

Khotimah, Khusnul and Taulany, Himmah (2021) PENGARUH KEGIATAN MEWARNAI, MENGGUNTING, DAN MENEMPEL (3M) TERHADAP KOORDINASI MATA DAN TANGAN UNTUK ANAK 5 – 6 TAHUN. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
S1_120117A004_LEMBAR PENGESAHAN ARTIKEL - Khusnul Khotimah.pdf

Download (44kB)
[img] Text
S1_120117A004_BAB 1 - Khusnul Khotimah.pdf

Download (108kB)
[img] Text
S1_120117A004_ARTIKEL - Khusnul Khotimah.pdf

Download (219kB)
[img] Text
S1_120117A004_BAB 2 - Khusnul Khotimah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
S1_120117A004_BAB 4 - Khusnul Khotimah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
S1_120117A004_BAB 5 - Khusnul Khotimah.pdf

Download (93kB)
[img] Text
S1_120117A004_DAFTAR PUSTAKA - Khusnul Khotimah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
S1_120117A004_LAMPIRAN DEPAN - Khusnul Khotimah.pdf

Download (333kB)
[img] Text
S1_120117A004_SKRIPSI LENGKAP - Khusnul Khotimah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
S1_120117A004_BAB 3 - Khusnul Khotimah.pdf

Download (116kB)
[img] Text
S1_120117A004_HALAMAN JUDUL - Khusnul Khotimah.pdf

Download (76kB)

Abstract

Kemampuan koordinasi mata dan tangan sangatlah penting untuk diasah sejak dini, karena akan berpengaruh terhadap diri anak kejenjang pendidikan lebih lanjut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat beberapa anak dalam kemampuan koordinasi mata dan tangannya belum berkembang dengan baik. Hal ini antara lain disebabkan oleh faktor dari kondisi anak itu sendiri yang mengalami kurangnya konsentrasi dan kurangnya minat dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau mengidentifikasi seberapa besar pengaruh kegiatan mewarnai, menggunting, dan menempel (3M) terhadap koordinasi mata dan tangan kepada anak usia 5 – 6 tahun. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan penelitian lapangan. Sampel terdiri dari 25 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan penilaian hasil karya anak. Teknik analisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan diterimanya persamaan regresi ŷ = 12,147 + 0,866 x1. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan koordinasi mata dan tangan anak dapat diprediksi dari nilai ketrampilan kegiatan 3M. Kesimpulan yang diambil adalah kegiatan 3M (mewarnai, menggunting, dan menempel) berpengaruh terhadap koordinasi mata dan tangan anak. Diperoleh nilai R square atau R² = 0,961. Nilai tersebut menunjukkan bahwa varibel kemampuan koordinasi mata dan tangan pada anak dapat dijelaskan oleh variabel ketrampilan melakukan kegiatan 3 M sebesar 96,1 % dan masih ada 3,9 % variabel dependen dapat dipengaruhi atau diterangkan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: 120117A004, Kegiatan 3M, Koordinasi Mata dan Tangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 30 Aug 2021 07:14
Last Modified: 30 Aug 2021 07:14
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/1517

Actions (login required)

View Item View Item