Chandra Prasetiawan, Adi and Aniroh, Umi and Apriyatmoko, Raharjo (2020) HUBUNGAN ANTARA FREKUENSI DAN LAMA WAKTU BERMAIN GAME ONLINE DENGAN TAJAM PENGLIHATAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR : TINJAUAN DARI BEBERAPA ARTIKEL. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
S1_010218A018_HALAMAN JUDUL - Adhy Prasetiawan.pdf Download (173kB) |
|
Text
S1_010218A018_HALAMAN DEPAN - Adhy Prasetiawan.pdf Download (931kB) |
|
Text
S1_010218A018_ABSTRAK - Adhy Prasetiawan.pdf Download (158kB) |
|
Text
S1_010218A018_ARTIKEL - Adhy Prasetiawan.pdf Download (672kB) |
|
Text
S1_010218A018_ARTIKEL - Adhy Prasetiawan.docx Download (50kB) |
|
Text
S1_010218A018_LEMBAR PENGESAHAN ARTIKEL - Adhy Prasetiawan.pdf Download (133kB) |
|
Text
S1_010218A018_BAB I - Adhy Prasetiawan.pdf Download (289kB) |
|
Text
S1_010218A018_BAB II - Adhy Prasetiawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) | Request a copy |
|
Text
S1_010218A018_BAB III - Adhy Prasetiawan.pdf Download (572kB) |
|
Text
S1_010218A018_BAB IV - Adhy Prasetiawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text
S1_010218A018_BAB V - Adhy Prasetiawan.pdf Download (17kB) |
|
Text
S1_010218A018_DAFTAR PUSTAKA - Adhy Prasetiawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text
S1_010218A018_SKRIPSI LENGKAP - Adhy Prasetiawan.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
S1_010218A018_SKRIPSI LENGKAP - Adhy Prasetiawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang : Saat bermain game online anak akan terkena paparan radiasi yang sangat berbahaya bagi mata. Meskipun fungsinya yang sangat penting, namun kurangnya perhatian terhadap kesehatan mata berpotensi menimbulkan gangguan pada mata, contohnya yaitu gangguan pada tajam penglihatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara frekuensi dan lama waktu bermain game online dengan tajam penglihatan pada anak sekolah dasar. Metode : Penelitian menggunakan pendekatan meta analisis, yaitu istilah yang menunjukkan suatu pendekatan kuantitatif dan sistematik untuk meninjau penelitian yang sudah dilakukan. Data yang digunakan 4 jurnal nasional dan 1 jurnal internasional yang diperoleh dari screening sejumlah jurnal dan database jurnal Google Scholar dan Pacificejournal. Hasil : 1) Perilaku frekuensi bermain video game online sebagian besar adalah reguler gamers sebanyak 18 orang (58,1%). 2) Rentang lama waktu bermain video game online adalah kategori tidak normal (> 2 jam perhari) sebanyak 130 orang (59%). 3) Rentang nilai visus adalah kategori normal (6/7,5-6/3) sebanyak 135 orang (54%). 4) Hasil analisis chi square beberapa artikel diperoleh nilai p-value = 0,026, berarti ada hubungan yang signifikan antara perilaku frekuensi bermain video game online dengan ketajaman visus. 5) Hasil analisis uji korelasi beberapa artikel menunjukkan nilai p-value =<0,05, berarti ada hubungan yang signifikan antara lama waktu bermain video game online dengan ketajaman visus. Saran : Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menyempurnakan keterbatasan penelitian. Orang tua perlu memantau dan meluangkan waktu untuk anak agar tidak terlalu banyak bermain game online serta untuk pihak sekolah (unit kesehatan sekolah) dapat membuat program ekstrakurikuler atau penyuluhan mengenai kesehatan mata. Kata Kunci : Frekuensi, Lama Waktu, Game Online, Tajam Penglihatan, Anak Usia Sekolah Dasar Kepustakaan : 65 Pustaka (1976-2019)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords: | Frekuensi, Lama Waktu, Game Online, Tajam Penglihatan, Anak Usia |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas > S1 Keperawatan |
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 3 |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 02:13 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 02:13 |
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/1078 |
Actions (login required)
View Item |