ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU HAMIL NY. S G3 P2 A0 UMUR KEHAMILAN 18 MINGGU 5 HARI DENGAN KEK DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI (BPM) NY.MAYZUN, S.SiT BERGAS, KABUPATEN SEMARANG

AYUNDA A, ANGGITA (2018) ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU HAMIL NY. S G3 P2 A0 UMUR KEHAMILAN 18 MINGGU 5 HARI DENGAN KEK DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI (BPM) NY.MAYZUN, S.SiT BERGAS, KABUPATEN SEMARANG. D3 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
KTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (453kB)

Abstract

Penyebab langsung kematian pada ibu ada 3 yaitu preeklamsia 29,41%, perdarahan 23,52%, dan infeksi 5,9%. Penyebab tidak langsung kematian ibu hamil antara lain anemia dad kekurangan energy kronis (KEK). Di Jawa Tengah angka kejadian ibu hamil dengan KEK sebesar 24,2% (Depkess, 2015). Tujuan penelitian ini agar penulis mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu hamil dengan Kekurangan Energi Kronis dan dapat menerapkan asuhan kebidanan dengan menggunakan manajemen kebidanan 7 langkah varney. Penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan manajemen kebidanan menurut 7 langkah varney. Lokasi studi kasus di BPM Meiyzun Jatijajar, bergas kab.semarang, subyek pengambilan kasus ini ibu hamil Ny.S G3P2A0 dengan Kekurangan Energi Kronis, waktu studi kasus pada tanggal 14 April-23 Mei 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang meliputi wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, dan data sekunder meliputi studi dokumentasi. Hasil asuhan pada Ny.S setelah dilakukan asuhan kebidanan selama 5 minggu didapatkan keadaan umum baik, ibu mengerti tentang nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, ibu bersedia untuk minum tablet Fe, ibu mengerti tentang makanan tambahan ibu hamil, BB badan ibu mengalami kenaikan dari 40 kg menjadi 43,3 kg, LILA ibu bertambah dari 21 cm menjadi 23,5cm dan ibu bersedia ANC teratur. Ibu dengan Kekurangan Energi Kronis diharapkan memiliki motivasi yang tinggi, meluangkan waktu untuk lebih mengetahui kebutuhan gizi serta menjaga asupan nutrisi sehingga mengalami penambahan LILA yang normal dan tidak mengalami KEK.

Item Type: Thesis (D3)
Keywords: Kekurangan Energi Kronis, Kehamilan
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D3 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 20 Feb 2020 07:52
Last Modified: 20 Feb 2020 07:52
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item