GAMBARAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG PERAWATAN TALI PUSAT PADA BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG

ARINA ASFA, MILA (2018) GAMBARAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG PERAWATAN TALI PUSAT PADA BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG. D3 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
KTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (323kB)

Abstract

Angka kejadian tetanus neonatorium di Indonesia masih cukup tinggi dibandingkan negara-negara ASEAN yang lain. Dari data kesehatan Indonesia yaitu 16 kasus pada tahun 2016, diantaranya 7 kasus (0,43%) karena perawatan tali pusat dengan tradisional, dan 5 kasus (0,31%) dengan penyebab lain-lain, dan penyebab yang tidak diketahui 4 kasus (0,25%) (Depkes,2016). Tujuan : Menggambarkan pengetahuan ibu nifas tentang perawatan tali pusat pada bayi di wilayah kerja Puskesmas Sumowono Metode Penelitian : Jenis penelitian adalah Deskriptif Kuantitatif . Lokasi Penelitian di ambil di Wilayah Kerja Puskesmas Sumowono. Jumlah sampel 35 ibu nifas, dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner, sedangkan untuk analisa data dilakukan dengan analisa univariat yang menghasilkan distribusi frekuensi. Hasil Penelitian : Diketahui bahwa pengetahuan ibu nifas tentang perawatan tali pusat pada bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Sumowono, ibu nifas dengan pengetahuan baik sebanyak 11 responden (31,4%), pengetahuan cukup sebanyak 10 responden (28,7%), dan pengetahuan kurang sebanyak 14 responden (40,0%). Kesimpulan : Gambaran Pengetahuan ibu nifas tentang perawatan tali pusat di wilayah kerja Puskesmas Sumowono sebagian besar dalam kategori kurang yaitu sebanyak 14 responden (40,0%).

Item Type: Thesis (D3)
Keywords: Pengetahuan, Ibu Nifas, Perawatan Tali Pusat
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D3 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 19 Feb 2020 02:35
Last Modified: 19 Feb 2020 02:35
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item View Item