HUBUNGAN KEBIASAAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DENGAN PERILAKU SEKSUAL PADA REMAJA DI SMK PERINTIS 29 UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

Utami, Dyah Tri (2019) HUBUNGAN KEBIASAAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DENGAN PERILAKU SEKSUAL PADA REMAJA DI SMK PERINTIS 29 UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (487kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Perilaku seksual remaja merupakan tindakan yang dilakukan remaja berhubungan dengan dorongan seksual. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku seksual pada remaja adalah media sosial. Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan dan memberikan fasilitas yang lengkap seperti halaman profil, album foto/video dan jaringan yang memungkinkan remaja untuk mengakses berbagai macam informasi termasuk yang menyajikan adegan sesksual secara implisit. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan kebiasaan penggunaan media sosial Facebook dengan perilaku seksual remaja. Metode : Rancangan penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini remaja (siswa/siswi) di SMK Perintis 29 Ungaran Kabupaten Semarang kelas X dan XI, dengan jumlah sample 80 orang diambil dengn metode puposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan koesioner. Analisis data menggunakan Statistic Package For The Science (SPSS). Analisis bivariat menggunakan uji Chi Square Test. Hasil : Kebiasaan penggunaan media sosial Facebook pada remaja sebagian besar kategori light users (46,2%).Perilaku seksual pada remaja sebagian besar kategori tidak beresiko (68,8%). Ada hubungan yang bermakna kebiasaan penggunaan media sosial Facebook dengan perilaku seksual pada remaja di SMK Perintis 29 Ungaran Kabupaten Semarang, didapatkan p value sebesar 0,005 < 0,05 (α). Kesimpulan : Ada hubungan yang bermakna kebiasaan penggunaan media sosial Facebook dengan perilaku seksual pada remaja di SMK Perintis 29 Ungaran Kabupaten Semarang, didapatkan p value sebesar 0,005 < 0,05 (α) Saran : sebaiknya siswa lebih aktif mengikuti kegiatan kesiswaan ataupun kegiatan keagamaan sehingga kebiasaan menggunakan media social dan perilaku seksual lebih terkendali.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
UNSPECIFIEDAmiroh, UmiUNSPECIFIED0614087402
UNSPECIFIEDDevi, NataliaUNSPECIFIED0624128601
Keywords: Media Sosial Facebook, Perilaku Seksual, Remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas > S1 Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 06 Dec 2019 04:09
Last Modified: 06 Dec 2019 04:09
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item