Veronika Gadho, Paulina (2025) GAMBARAN KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN DIMENSI MUTU PADA PELAYANAN FARMASI DI PUSKESMAS BANGUNTAPAN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
![]() |
Text
Paulina V. Gadho_022221003_artikel - Veny Gadho.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
![]() |
Text
Paulina V. Gadho_022221003_pengesahanartikel - Veny Gadho.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
Paulina V. Gadho-022221003-Halamandepan - Veny Gadho.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Paulina V. Gadho_022221003_Lampiranbelakang - Veny Gadho.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Paulina V. Gadho_022221003_abstrak - Veny Gadho.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
Paulina Veronika Gadho_022221003_Bab_1 - Veny Gadho.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
Paulina V. Gadho_022221003_Bab_III - Veny Gadho.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
Paulina V. Gadho_022221003_Bab_V - Veny Gadho.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
Paulina V. Gadho_022221003_fulltext - Veny Gadho.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
Paulina V. Gadho_022221003_fulltext - Veny Gadho.docx Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
Paulina V. Gadho_022221003_Daftarpustaka - Veny Gadho.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
![]() |
Text
Paulina V. Gadho_022221003_Lembarkonsul - Veny Gadho.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan kesehatan di indonesia terus mengalami perkembangan, tetapi mutu layanan, terutama dalam fasilitas kesehatan primer seperti puskesmas masih menjadi tantangan. Puskesmas Banguntapan 3 Yogyakarta yang menjadi objek penelitian. Berikut beberapa dampaknya : pasien tidak puas dengan pelayanan farmasi karena edukasi obat yang kurang jelas atau obat tidak tersedia, mereka bisa menjadi kurang patuh dalam mengonsumsi obat sesuai resep. Hal ini dapat menyebabkan efektivitas pengobatan menurun dan meningkatkan risiko komplikasi penyakit, pasien yang merasa tidak puas dengan pelayanan farmasi di puskesmas mungkin akan memilih untuk mencari layanan di tempat lain, seperti apotek swasta atau rumah sakit. Ini dapat berdampak pada penurunan jumlah kunjungan pasien di puskesmas. Berdasarkan penelitian yang lakukan, faktor-faktor seperti waktu tunggu panjang, komunikasi terbatas antara petugas farmasi dan pasien, serta fasilitas yang kurang memadai menjadi beberapa penyebab ketidakpuasan pasien di Puskesmas Banguntapan 3 Yogyakarta. Oleh karena itu, peningkatan mutu pelayanan farmasi melalui manajemen stok obat yang lebih baik, percepatan waktu pelayanan, serta edukasi yang lebih interaktif bisa menjadi solusi untuk mengurangi dampak negatif tersebut. Metode : Penelitian deskriptif dengan pendekatan survei untuk menggambarkan kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan farmasi di Puskesmas Banguntapan 3 Yogyakarta berdasarkan lima dimensi. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat. Hasil : Hasil tingkat kepuasan pasien berada pada kategori sedang (63%) dan tinggi (37%). Dimensi reliability (keandalan) menunjukkan bahwa sebagian besar pasien menilai pelayanan cukup baik. Dimensi responsiveness (ketanggapan), mayoritas pasien merasa puas dengan pelayanan tenaga farmasi. Dimensi assurance (jaminan) menunjukkan bahwa pasien cukup baik. Dimensi empathy (empati) mengindikasikan bahwa pasien merasa baik diperhatikan. Sementara itu, dimensi tangibles (bukti fisik) menunjukkan bahwa fasilitas farmasi dinilai cukup memadai. Kesimpulan : Pelayanan farmasi di Puskesmas Banguntapan 3 Yogyakarta telah memenuhi harapan pasien, namun masih terdapat ruang untuk peningkatan. Upaya perbaikan dapat difokuskan pada manajemen stok obat, percepatan proses pelayanan farmasi, peningkatan kenyamanan fasilitas, serta edukasi pasien mengenai penggunaan obat.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | kepuasan pasien, mutu pelayanan farmasi,Paulina Veronika Gadho 022221003 | ||||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Kesehatan Masyarakat | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 2 | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2025 08:14 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jun 2025 08:14 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/5270 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |