HUBUNGAN POLA KONSUMSI MAKAN KELUARGA DENGAN KEJADIAN GIZI KURANG PADA ANAK PAUD DI WILAYAH UPTD PUSKESMAS UNGARAN KECAMATAN UNGARAN BARAT

NORMALITA, HUSADANTIK (2018) HUBUNGAN POLA KONSUMSI MAKAN KELUARGA DENGAN KEJADIAN GIZI KURANG PADA ANAK PAUD DI WILAYAH UPTD PUSKESMAS UNGARAN KECAMATAN UNGARAN BARAT. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (213kB)

Abstract

Gizi kurang merupakan gangguan akibat kekurangan atau ketidakseimbangan zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan. Pola konsumsi makan keluarga merupakan salah satu faktor tidak langsung yang mempengaruhi kejadian gizi kurang. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pola konsumsi makan keluarga dengan kejadian gizi kurang pada anak PAUD di wilayah UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) Puskesmas Ungaran Kecamatan Ungaran Barat. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak PAUD di wilayah Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang yang berjumlah 126 responden, sampel penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling sejumlah 62 responden. Analisis data menggunakan uji Chi Square dengan tingkat kemaknaan α (0,05). Hasil: Persentase kejadian gizi kurang yaitu 24,2% dan persentase pola konsumsi makan keluarga dalam kategori baik 35,5% cukup baik 43,5% dan kurang baik 21%. Terdapat hubungan yang signifikan antara pola konsumsi makan keluarga dengan kejadian gizi kurang pada anak PAUD di wilayah UPTD Puskesmas Ungaran Kecamatan Ungaran Barat. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara pola konsumsi makan keluarga dengan kejadian gizi kurang pada anak PAUD di wilayah UPTD Puskesmas Ungaran Kecamatan Ungaran Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: Pola konsumsi makan keluarga, kejadian gizi kurang, anak PAUD
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Gizi
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 13 Feb 2020 06:37
Last Modified: 13 Feb 2020 06:37
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item