Perbedaan Tingkat Kecemasan Anak Pre Sirkumsisi Sebelum Dan Setelah Terapi Video Game

Anto, Anto (2025) Perbedaan Tingkat Kecemasan Anak Pre Sirkumsisi Sebelum Dan Setelah Terapi Video Game. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ANTO_17222027_ARTIKEL - anto olifh.docx
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text
ANTO_17222027_ARTIKEL - anto olifh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
ANTO_17222027_ABSTRAK - anto olifh.pdf

Download (416kB)
[img] Text
ANTO_17222027_BAB 1 - anto olifh.pdf

Download (437kB)
[img] Text
ANTO_17222027_BAB II - anto olifh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
ANTO_17222027_BAB III - anto olifh.pdf

Download (551kB)
[img] Text
ANTO_17222027_BAB IV - anto olifh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text
ANTO_17222027_BAB V - anto olifh.pdf

Download (412kB)
[img] Text
ANTO_17222027_LAMPIRAN DEPAN-1-1 - anto olifh.pdf

Download (728kB)
[img] Text
ANTO_17222027_DAFTAR PUSTAKA - anto olifh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
ANTO_17222027_LEMBAR KONSUL - anto olifh.pdf

Download (325kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN ARTIKEL - anto olifh.pdf

Download (121kB)
[img] Text
ANTO_17222027_SKRIPSI FULLTEX(1) - anto olifh.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
ANTO_17222027_DAFTAR LAMPIRAN - anto olifh.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ANTO_17222027_SKRIPSI FULLTEX(1) - anto olifh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
ANTO_17222027_HALAMAN JUDUL - anto olifh.pdf

Download (266kB)

Abstract

Latar Belakang: Respon anak dalam menghadapi tindakan sirkumsisi beragam, baik yang senang gembira dan tak sedikit juga yang bersedih bahkan sampai menangis histeris. Ketakutan dan kecemasan jika dibiarkan akan sangat berdampak fatal bagi status mental anak, sehingga hal tentu akan mengganggu proses sirkumsisi. Salah satu teknik nonfarmakologi untuk mengatasi kecemasan anak pre sirkumsisi adalah distraksi yaitu bermain video game. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan anak pre sirkumsisi sebelum dan setelah terapi video game. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Quasi eksperimen dengan menggunakan bentuk rancangan one group pre-post test design. Sampel berjumlah 30 anak. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling jenis purposive sampling. Lembar instrumen untuk mengukur tingkat kecemasan menggunakan Spence Children’s Anxiety Scale (SCAS). Uji analisis statistik menggunakan Wilcoxon. Hasil: Ada penurunan rata-rata skor kecemasan dari 2.77 menjadi 1.37 setelah diberikan teknik bermain video game pada anak pre sirkumsisi. Simpulan: Ada perbedaan yang signifikan tingkat kecemasan anak sirkumsisi sebelum dan sesudah intervensi bermain game. Kata Kunci: Sirkumsisi, Kecemasan, Video Game

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorAini, FaridahNIDN0629037605library@unw.ac.id
Keywords: Anto, 17222027, Sirkumsisi, Kecemasan, Video Game
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas > S1 Keperawatan
User Id: UPT Perpustakaan 5
Date Deposited: 11 Jun 2025 04:22
Last Modified: 11 Jun 2025 04:22
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/5225

Actions (login required)

View Item View Item