HUBUNGAN USIA IBU SAAT HAMIL DAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI DUSUN CEMANGGAL, DESA MUNDING

ARSIETA HASANDI, LITTA (2018) HUBUNGAN USIA IBU SAAT HAMIL DAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI DUSUN CEMANGGAL, DESA MUNDING. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
SKRIPSI - LITTA ARSIETA HASANDI - 060114A012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL - LITTA ARSIETA HASANDI - 060114A012.pdf

Download (290kB)

Abstract

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama. Faktor potensial yang mempengaruhi kejadian stunting balita diantaranya adalah ketersediaan pangan, usia ibu saat hamil, tingkat pendidikan keluarga dan pemberian ASI eksklusif. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan usia ibu saat hamil dan pemberian ASI ekslusif dengan kejadian stunting pada balita usia 12-59 bulan di Dusun Cemanggal, Desa Munding Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu balita dan balita 12-59 bulan di Dusun Cemanggal, Desa Munding Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang sejumlah 52 responden, sampel penelitian ini detentukan dengan total sampling sejumlah 52 responden. Analisis data menggunakan analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan bivariat menggunakan uji chi square dilanjutkan risk estimate. Hasil: Persentase usia ibu saat hamil <20 tahun di Dusun Cemanggal, Desa Munding cukup tinggi yaitu 48,1%. Cakupan ASI Eksklusif rendah yaitu 26,9%. Setengah dari balita di Dusun Munding mengalami stunting. Terdapat hubungan yang signifikan antara usia ibu saat hamil dan pemberian ASI esklusif dengan kejadian stunting pada balita di Dusun Cemanggal ρ-value (0,000< 0,05). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara usia ibu saat hamil dan pemberian ASI esklusif dengan kejadian stunting pada balita di Dusun Cemanggal, Desa Munding. Ibu saat hamil berusia <20 tahun beresiko 14 kali lebih besar memiliki anak stunting, sedangkan ibu yang memberikan ASI eksklusif beresiko 25 kali memiliki anak stunting.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: Usia ibu saat hamil, ASI eksklusif, stunting.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Gizi
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 13 Feb 2020 01:52
Last Modified: 13 Feb 2020 01:52
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item