PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI SISWA DI SMP NEGERI 4 UNGARAN

Qory, Abdul (2025) PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI SISWA DI SMP NEGERI 4 UNGARAN. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
Abdul Qory_141211021_halamanjudul - Abdul Qory.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Abdul Qory_141211021_abstrakpdf - Abdul Qory.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Abdul Qory_141211021_pengesahanartikel - Abdul Qory.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Abdul Qory_141211021_lampirandepan - Abdul Qory.pdf

Download (795kB)
[img] Text
Abdul Qory_141211021_bab_V - Abdul Qory.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Abdul Qory_141211021_bab_III - Abdul Qory.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Abdul Qory_141211021_bab_I - Abdul Qory.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Abdul Qory_141211021_daftarpustaka - Abdul Qory.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
Abdul Qory_141211021_lampiranbelakang - Abdul Qory.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Abdul Qory_141211021_fulltextpdf - Abdul Qory.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Abdul Qory_141211021_fulltextdoc - Abdul Qory.docx
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Banyak faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi prestasi akademik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggunakan teknik regresi linear berganda untuk menguji variabel-variabel yang mempengaruhi prestasi akademik siswa SMP Negeri 4 Ungaran. Variabel yang di analisis meliputi motivasi belajar, kehadiran, dukungan orang tua, nilai murni, dan partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Data diperoleh melalui kuesioner dan catatan akademik sekolah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, dengan R-kuadrat sebesar 83,17%, model regresi memiliki tingkat viabilitas yang tinggi dan Multiple R sebesar 91.19%. Uji parsial (t-test) mengungkapkan bahwa motivasi belajar dan nilai murni berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik, sedangkan variabel lainnya tidak signifikan. Temuan ini dapat membantu institusi pendidikan dalam merancang strategi peningkatan prestasi akademik berbasis data. Selain itu, para siswa yang memerlukan perhatian ekstra dapat diidentifikasi menggunakan pendekatan regresi linier berganda sebagai alat prediksi. Kata Kunci: Data Mining, Regresi Linear Berganda, Prestasi Akademik, Motivasi Belajar, Kehadiran Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSetiawan Wibisono, Iwannidn0614077901library@unw.ac.id
Keywords: Data Mining, Regresi Linear Berganda, Prestasi Akademik, Motivasi Belajar, Kehadiran Siswa, Abdul Qory, 141211021
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Teknologi Informasi
User Id: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 04 Jun 2025 07:01
Last Modified: 04 Jun 2025 07:01
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/5078

Actions (login required)

View Item View Item