Qory, Abdul (2025) PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI SISWA DI SMP NEGERI 4 UNGARAN. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
![]() |
Text
Abdul Qory_141211021_halamanjudul - Abdul Qory.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
Abdul Qory_141211021_abstrakpdf - Abdul Qory.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
Abdul Qory_141211021_pengesahanartikel - Abdul Qory.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
Abdul Qory_141211021_lampirandepan - Abdul Qory.pdf Download (795kB) |
![]() |
Text
Abdul Qory_141211021_bab_V - Abdul Qory.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
Abdul Qory_141211021_bab_III - Abdul Qory.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
Abdul Qory_141211021_bab_I - Abdul Qory.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
Abdul Qory_141211021_daftarpustaka - Abdul Qory.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Abdul Qory_141211021_lampiranbelakang - Abdul Qory.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Abdul Qory_141211021_fulltextpdf - Abdul Qory.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Abdul Qory_141211021_fulltextdoc - Abdul Qory.docx Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Banyak faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi prestasi akademik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggunakan teknik regresi linear berganda untuk menguji variabel-variabel yang mempengaruhi prestasi akademik siswa SMP Negeri 4 Ungaran. Variabel yang di analisis meliputi motivasi belajar, kehadiran, dukungan orang tua, nilai murni, dan partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Data diperoleh melalui kuesioner dan catatan akademik sekolah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, dengan R-kuadrat sebesar 83,17%, model regresi memiliki tingkat viabilitas yang tinggi dan Multiple R sebesar 91.19%. Uji parsial (t-test) mengungkapkan bahwa motivasi belajar dan nilai murni berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik, sedangkan variabel lainnya tidak signifikan. Temuan ini dapat membantu institusi pendidikan dalam merancang strategi peningkatan prestasi akademik berbasis data. Selain itu, para siswa yang memerlukan perhatian ekstra dapat diidentifikasi menggunakan pendekatan regresi linier berganda sebagai alat prediksi. Kata Kunci: Data Mining, Regresi Linear Berganda, Prestasi Akademik, Motivasi Belajar, Kehadiran Siswa.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | Data Mining, Regresi Linear Berganda, Prestasi Akademik, Motivasi Belajar, Kehadiran Siswa, Abdul Qory, 141211021 | ||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Teknologi Informasi | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 3 | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2025 07:01 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2025 07:01 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/5078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |