HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DI DESA GEBUGAN KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019

Fatmasari, Fita Dwi (2019) HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DI DESA GEBUGAN KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
Skripsi Fita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Artikel fita.pdf

Download (317kB)

Abstract

Latar Belakang : Tekanan darah tinggi telah menjadi penyakit yang menjadi perhatian dibanyak negara, pravelensi hipertensi di Indonesia sebesar 34,1%. Kabupaten Semarang termasuk kelompok dengan jumlah penderita tekanan darah tinggi yang cukup tinggi yaitu sebesar 6,88%. Tekanan darah tinggi sangat dipengaruhi oleh banyak faktor salah satu faktor yang mempengaruhi tekanan darah adalah aktivitas fisik. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan tekanan darah pada lansia di Desa Gebugan Kec. Bergas Kab. Semarang. Metode : Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi semua lansia di Desa Gebugan Kec. Bergas kab. Semarang usia 60-74 tahun sebanyak 120 orang. Sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan hasil 55 orang ditentukan dengan cara proportuionate random sampling Hasil : Hasil analisis univariat terhadap 55 responden di dapatkan 29 responden (52,7%) mempunyai Aktivitas fisik baik, 26 responden (47,3%) mempunyai aktivitas fisik kurang, 34 responden (61,8%) mempunyai tekanan darah tinggi dan 21 responden (38,2%) mempunyai tekanan darah normal. Hasil analisis bivariat dengan uji chi-square menunjukkan ada hubungan antara aktivitas fisik dengan tekanan darah pada lansia di Desa Gebugan Kec. Bergas Kab. Semarang p-value (0,000). Kesimpulan : Ada hubungan antara aktivitas fisik dengan tekanan darah pada lansia di Desa Gebugan Kec. Bergas Kab. Semarang. Saran : Diharapakan masyarakat melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara rutin sehingga dapat menstabilkan tekanan darah.

Item Type: Thesis (D4)
Keywords: Lansia, Tekanan darah, Aktivitas fisik
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D4/ S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 05 Feb 2020 02:12
Last Modified: 05 Feb 2020 02:12
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item