HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI DESA LEYANGAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS LEYANGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018

WAROHMAH, MAWADDAH (2019) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI DESA LEYANGAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS LEYANGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (141kB)

Abstract

Pemberian ASI Eksklusif di Indonesia belum dilaksanakan sepenuhnya, yang mana salah satunya adalah kurangnya dukungan dari keluarga. Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan terbaik untuk bayi, karena kandungan gizinya sangat khusus dan sempurna serta sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang bayi. Angka pemberian ASI Eksklusif di desa Leyangan (5,79%), hal ini disebabkan oleh rendahnya dukungan yang diberikan oleh keluarga, juga disebabkan karena pengetahuan ibu yang masih kurang mengenai pentingnya ASI Eksklusif, kurangnya dukungan dari keluarga, banyaknya ibu yang bekerja, serta masih banyaknya masyarakat yang percaya dengan budaya bahwa jika bayi tidak diberikan makanan tambahan seperti susu formula, madu, pisang dan makanan tambahan lainnya. Jika tidak diberikan makanan tambahan lain, menganggap bahwa bayi tidak kenyang dan rewel jika hanya diberikan ASI saja Pada ibu menyusui sangat membutuhkan dukungan dari keluarga maupun petugas kesehatan, masyarakat, serta lingkungan setempat ataupun lingkungan kerja. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan pemberian ASI eksklusif di Desa Leyangan Wilayah Kerja Puskesmas Leyangan. Metode Penelitian : Desain penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Korelasional. Populasi berjumlah 45 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi dan menggunakan hasil uji Chi Square. Hasil : Ada hubungan antara dukungan keluarga dengan pemberian ASI Eksklusif dengan nilai P = 0,001 (< 0,05). Sebagian besar responden mendapatkan dukungan kurang dari keluarga sebanyak 33 responden (73,3%). Saran : Masyarakat diharapkan dapat menambah wawasan tentang ASI perah, dan dapat menambah dukungan terutama keluarga yang memiliki ibu dalam masa menyusui untuk tetap memberikan ASI Eksklusif.

Item Type: Thesis (D4)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
UNSPECIFIEDVeftisia, VistraUNSPECIFIED0630108702
UNSPECIFIEDSundari, SundariUNSPECIFIED0630038501
Keywords: ASI Eksklusif, Dukungan Keluarga.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:40
Last Modified: 04 Feb 2020 04:40
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item