Suharmanto, Suharmanto (2024) ANALISIS GAMBARAN POSTUR KERJA DAN KELUHAN MSDs DARI ASPEK ERGONOMI PADA CUSTOMER SERVICE PT BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABAMG SEMARANG. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
ABSTRAK - herman to.pdf Download (162kB) |
|
Text
HALAMAN JUDUL - herman to.pdf Download (47kB) |
|
Text
Pengesahan dan Pernyataan HKI - herman to.pdf Download (480kB) |
|
Text
LUARAN BERBENTUK HKI POSTER BUKAN ARTIKEL - herman to.doc Download (518kB) |
|
Text
HALAMAN depan (2) - herman to.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1 - herman to.pdf Download (424kB) |
|
Text
BAB III - herman to.pdf Download (251kB) |
|
Text
BAB V - herman to.pdf Download (200kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - herman to.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN - herman to.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text
Lembar konsultasi - herman to.pdf Download (1MB) |
|
Text
TA Suharmanto - herman to.docx Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
TA Suharmanto - herman to.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Bank BTN adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang berbentuk perseroan terbatas dan bergerak dibidang jasa keuangan perbankan. Beberapa aktivitas menuntut pekerja untuk lebih produktif. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap tingkat produktifitas pekerja adalah faktor Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Sehingga, untuk meningkatkan kerja perlu ditunjang lingkungan kerja yang ergonomis salah satunya aspek desain tempat kerja. Dalam tranformasi digital Bank BTN mengusung desain Kantor bertema Smart branch diantaranya pada BTN Kantor Cabang Semarang. Dalam ruang tersebut terdapat Meja kerja yang di peruntukan untuk Customer service. Pada saat melakukan pekerjaannya diketahui bahwa, Customer service mengeluh posisi kerja tidak nyaman karena harus mengetik dengan posisi duduk menyamping sehingga menyebabkan sakit pada pinggang, pegal-pegal pada pundak, merasakan lelah dan kaku terutama pada bagian pergelangan tangan, bahu, dan pinggung. Kemudian dilakukan penelitian menggunakan metode RULA (Rapid Upper Limb Assesment) dengan data Kuesioner Nordic Body Map kepada 4 Customer service. Adapun tujuan penelitiannya yaitu Menganalisis Gambaran Postur Kerja dan Keluhan MSDs dari Aspek Ergonomi pada Customer service PT Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yaitu menggambarkan mengenai objek yang diteliti dengan menggunakandata primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 responden di Kantor Cabang Semarang terkait keluhan MSDs bagian tubuh pekerja yang dikeluhkan sakit dan memiliki resiko terjadinya cidera pada otot yaitu bagian leher atas, leher bagian bawah, punggung, pinggang, pantat dengan tingkat resiko Tinggi yang berarti diperlukan tindakan segera. Untuk 1 Customer service di Kantor Cabang Pembantu tembalang tingkat resiko rendah dan tidak ada yang di keluhkan sehingga belum diperlukan adanya tindakan perbaikan. Hasil pengkuran postur kerja pada 3 Customer service Kantor Cabang Semarang didapatkan Skor RULA 7, artinya risiko terjadi pada level sangat tinggi. Untuk pengukuran postur kerja pada 1 Customer service Kantor Cabang Pembantu Tembalang didapatkan Skor RULA 3. Skor 7 menunjukkan bahwa kondisi ini berbahaya maka pemeriksaan dan perubahan diperlukan dengan sangat segera saat itu juga dan perlu dilakukan tindakan segera pada Kantor Cabang Semarang. Adapun usulan perbaikan meja kerja yaitu dengan memperbaiki kursi dan meja yang lebih ergonomi guna mengurangi tingkat keluhan MSDs dan menghindari Postur Kerja Janggal pada Customer service sehingga dapat bekerja lebih Efektif, Nyaman, Aman, Sehat, dan Efisien (ENASE). Kata kunci: Customer service, Ergonomi, NBM, RULA
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | Customer service, Ergonomi, NBM, RULA | ||||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Kesehatan Masyarakat | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 3 | ||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2024 03:58 | ||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2024 04:01 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/4619 |
Actions (login required)
View Item |