HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI MENARCHE PADA REMAJA AWAL PUTRI DI MADRASAH IBTIDAIYAH KALIREJO

Asri, Aulia Paramitha Kusumaningtyas (2019) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI MENARCHE PADA REMAJA AWAL PUTRI DI MADRASAH IBTIDAIYAH KALIREJO. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL(4).pdf

Download (556kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Masa remaja ditandai dengan pubertas. Pubertas pada wanita ditandai dengan menarche. Perubahan fisik pada remaja terjadi beriringan dengan pergolakan emosi dan pertumbuhan psikis remaja sehingga menimbulkan perasaan bingung dan cemas. Perasaan cemas yang terjadi pada remaja putri saat menghadapi menarche muncul apabila kurangnya pengetahuan dan pemahaman. Hasil studi pendahuluan didapatkan MI Kalirejo tidak memiliki Unit Kesehatan Sekolah atau guru yang bertugas khusus memberi pendidikan kesehatan reproduksi sehingga remaja merasa cemas karena tidak mengerti harus melakukan apa jika menarche dan takut darah. Tujuan : Mengetahui hubungan pengetahuan tentang menstruasi dengan kecemasan menghadapi menarche pada remaja awal putri di Madrasah Ibtidaiyah Kalirejo. Metode Penelitian : Penelitian deskriptif korelasi dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah remaja awal putri kelas IV dan V di Madrasah Ibtidaiyah Kalirejo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 37 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji statistis Chi Square. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar remaja putri memiliki pengetahuan kurang (48,6%) dan sebagian besar mengalami kecemasan ringan atau sedang (35,1%). Analisis bivariat diperoleh ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang menstruasi dengan kecemasan menghadapi menarche pada remaja putri awal di MI Kalirejo (0,002, OR 0,094, CI 95% 0,019 0,453). Kesimpulan : Semakin tinggi pengetahuan tentang menstruasi maka semakin rendah kecemasan remaja awal putri dalam menghadapi menarche.

Item Type: Thesis (D4)
Keywords: Pengetahuan, Kecemasan, Menarche
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D4/ S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:13
Last Modified: 04 Feb 2020 03:13
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item