PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG HIV/AIDS DENGAN METODE JIGSAW (EXPERT GROUP) PADA REMAJA DI SMK ISLAM SUDIRMAN 1 AMBARAWA

Putri, Firdeya Auldina Surya (2019) PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG HIV/AIDS DENGAN METODE JIGSAW (EXPERT GROUP) PADA REMAJA DI SMK ISLAM SUDIRMAN 1 AMBARAWA. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)

Abstract

Latar Belakang: AIDS di Indonesia menempati urutan ketiga dalam daftar sepuluh penyakit pembunuh teratas. Berdasarkan data Komisi AIDS Kabupaten Semarang (2017), Ambarawa adalah yang tertinggi kedua di Kabupaten Semarang dengan 37 kasus. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan menunjukkan ada banyak remaja yang tidak tahu tentang HIV / AIDS secara komprehensif. Untuk alasan ini, perlu memberikan informasi dalam bentuk pendidikan kesehatan tentang HIV / AIDS menggunakan metode jigsaw (expert group) untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang HIV / AIDS. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang HIV / AIDS dengan Method Jigsaw (expert group) pada remaja di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa. Metode: Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah 135 siswa kelas X dan IX SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang dipilih dengan Simple Random Sampling teknik. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner 18 pernyataan tentang HIV / AIDS. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai rata-rata sebelum diberi pendidikan kesehatan di 11,50 dan setelah diberi pendidikan kesehatan, diperoleh peningkatan nilai rata-rata menjadi 14,30. Berdasarkan analisis uji paired T-Test itu menunjukkan p-value (0,000) <ɑ (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang HIV / AIDS dengan metode Jigsaw (Expert Group) pada remaja di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa. Saran: Untuk peneliti selanjutnya, diharapkan metode jigsaw dapat dikembangkan sehingga responden dapat lebih tertarik dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (D4)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
UNSPECIFIEDSusanti, RiniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDWindayanti, HapsariUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Keywords: Pendidikan Kesehatan,HIV/AIDS, Jigsaw (Expert Group), Remaja
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 04 Feb 2020 02:56
Last Modified: 04 Feb 2020 02:56
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item View Item