HUBUNGAN ANTARA PERAN TENAGA KESEHATAN DAN KETERPAPARAN INFORMASI DENGAN PEMERIKSAAN IVA TEST (INSPEKSI VISUAL ASETAT) PADA WUS (WANITA USIA SUBUR) DI PUSKESMAS JIMBARAN

Puspitasari, Rizky Sagita (2019) HUBUNGAN ANTARA PERAN TENAGA KESEHATAN DAN KETERPAPARAN INFORMASI DENGAN PEMERIKSAAN IVA TEST (INSPEKSI VISUAL ASETAT) PADA WUS (WANITA USIA SUBUR) DI PUSKESMAS JIMBARAN. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKELL.pdf

Download (323kB)
[img] Text
Skripsi Rizky.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latarbelakang : Kanker serviks merupakan kanker yang paling sering terjadi pada wanita sebesar 7,5% dari semua kematian diakibatkan oleh kanker serviks. Diperkirakan lebih dari 270.000 kematian akibat kanker serviks setiap tahunnya, lebih dari 85% terjadi di Negara berkembang (World Health Organization, 2014).Insiden kanker serviks di Indonesia mencapai angka 20,928 dan kanker serviks menduduki posisi kedua setelah kanker payudara (world health organization- cancer country profiles, 2014). Tujuan:Untuk Mengetahui Hubungan Antara Peran Tenaga Kesehatan Dan Keterpaparan Informasi Dengan pemeriksaan IVA Test Pada WUS Di Puskesmas Jimbaran. Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey analitik .Pendekatan waktu yang digunakan adalah cross sectional .Populasi penelitian ini adalah seluruh WUS Di Puskesmas Jimbaran. Analisa data mengunakan analisis univariat dan bivariat Chi-Square. Hasil Penelitian :Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan peran tenaga kesehatan dengan keterpaparan informasi pada pemeriksaan IVA test. Pada peran tenaga kesehatan dengan kategori baik sebanyak 68 responden (69,4%), kategori sedang sebanyak 27 responden (27,6) dan kategori kurang sebanyak 3 responden (3,1%). Pada keterpaparan informasi dengan kategori baik sebanyak 91 responden (92,9%) dan kategori tidak terpapar sebanyak 7 responden (7,1%). Dan responden yang sudah melakukan IVtest sebanyak 60 responden (61,2%). Kesimpulan Penelitian :Ada hubungan antara peran tenaga kesehatan dan keterpaparan informasi dengan pemeriksaan IVA test pada WUS di Puskesmas Jimbaran.

Item Type: Thesis (D4)
Keywords: Peran Tenaga Kesehatan, Keterpaparan Informasi, Pemeriksaan IVA.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D4/ S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 03 Feb 2020 03:43
Last Modified: 03 Feb 2020 03:43
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item View Item