EFEKTIFITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA LEMBAR BALIK TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI WANITA USIA SUBUR DALAM PEMERIKSAAN IVA DI PUSKESMAS JIMBARAN

AMALINA, WISOLU (2019) EFEKTIFITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA LEMBAR BALIK TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI WANITA USIA SUBUR DALAM PEMERIKSAAN IVA DI PUSKESMAS JIMBARAN. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
Artikel wisolu amalina.pdf

Download (307kB)

Abstract

Latar Belakang : Kanker Serviks merupakan kanker pembunuh perempuan nomor dua di dunia. Kanker serviks dapat di deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test. Namun keikutsertaan WUS melakukan pemeriksaan IVA Test pada tahun 2018 di Puskesmas Jimbaran Kabupaten Semarang masih rendah yaitu 0,5181 %. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti pengetahuan dan motivasi. Maka untuk meningkatkan WUS melakukan pemeriksaan IVA Test dilakukan pendidikan kesehatan dengan media lembar balik yang tersedia di puskesmas untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi WUS. Tujuan : Mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan dengan media lembar balik terhadap peningkatan pengetahuan dan motivasi WUS dalam melakukan deteksi dini IVA Test di puskesmas jimbaran Metode : Pre experiment design dengan menggunakan pendekatan one group pretest posttest design. Metode pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik kuota sampling dengan jumlah sampel 30 responden. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 30 pertanyaan. Penelitian ini menggunakan uji statistik Wilcoxon Hasil : Sebelum diberikan pendidikan kesehatan dengan media lembar balik tentang IVA Test sebanyak 21 responden (70%) berpengetahuan sedang dan Sesudah diberikan pendidikan kesehatan dengan media lembar balik tentang IVA Test sebagian besar 27 responden (90%) berpengetahuan tinggi. Hasil penelitian didapatkan nilai p value uji wilcoxon sebesar 0,000 (p<0,05). Sebelum diberikan pendidikan kesehatan dengan media lembar balik tentang IVA Test sebagian besar sebanyak 17 responden (56,7%) bermotivasi sedang dan Sesudah diberikan pendidikan kesehatan dengan media lembar balik tentang IVA Test sebagian besar 24 responden (80%) bermotivasi tinggi. Hasil penelitian didapatkan nilai p value uji Wilcoxon 0,000(p<0,05). Kesimpulan :pendidikan kesehatan dengan media lembar balik efektif meningkatkan pengetahuan dan motivasi dalam pemeriksaan IVA di Puskesmas Jimbaran Kata kunci :Pendidikan kesehatan, lembar balik, pengetahuan, motivasi, IVA Test.

Item Type: Thesis (D4)
Keywords: Pendidikan kesehatan, lembar balik, pengetahuan, motivasi, IVA Test.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D4/ S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 1
Date Deposited: 30 Jan 2020 01:53
Last Modified: 30 Jan 2020 01:53
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item View Item