ASUHAN KEBIDANAN PADA AKSEPTOR KB SUNTIK 3 BULAN DENGAN SPOTTING DI BPM AGUSTINA SRI WAHYUNI KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG

SEPTIANA, SYEVA (2019) ASUHAN KEBIDANAN PADA AKSEPTOR KB SUNTIK 3 BULAN DENGAN SPOTTING DI BPM AGUSTINA SRI WAHYUNI KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG. D3 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (414kB)
[img] Text
KTI SYEFA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keluarga berencana merupakan suatu program pemerintah yang direncanakan untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk. Dari data yang diperoleh dari BPM Agustina Sri Wahyuni ibu yang menggunakan kontrasepsi pada tahun 2018 sebanyak 207 akseptor diantaranya 115 (55%) menggunakan kontrasepsi suntik 3 bulan. Komplikasi kontrasepsi suntik 3 bulan ada 25 kasus (21%) dengan keluhan spotting sebanyak 13 pasien (11 %). Tujuan : Melaksanakan asuhan kebidanan pada akseptor kontrasepsi suntik 3 bulan dengan spotting secara menyeluruh dengan menggunakan manejemen kebidanan 7 lagkah varney. Metodelogi : Metode yang digunakan adalah study kasus. Lokasi studi kasus ini dilakukan di Bergas. Subjyek studi kasus yang diambil adalah akseptor kontrasepsi suntik 3 bulan dengan spotting. Waktu studi kasus dilaksanakan tanggal 20-26 Juni 2019. Teknik pengumpulan data dari pemeriksaan fisik, wawancara dan pengamatan (observasi), data skunder meliputi studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil : Asuhan yang diberikan kasus ini adalah pemberian pil kontrasepsi kombinasi 2x1 (30-35 µg etinilestradiol selama 7 hari), ibuprofen (sampai 800 mg, 3x/hr untuk 5 hari), dukungan moril dan konseling vuva hygiene. Setelah di lakukan asuhan selama 7 hari maka diperoleh hasil keadaan umum baik, tidak ada masalah potensial yang muncul, ibu tidak cemas dan merasa nyaman, bercak darah berhenti, ibu bersedia datang ke sarana kesehatan bila ada keluhan dan ibu tetep menggunakan kontrasepsi suntik 3 bulan. Kesimpulan : Setelah dilakukan asuhan kebidanan selama 7 hari, akseptor kontrasepsi suntik sudah tidak mengalami spotting.

Item Type: Thesis (D3)
Keywords: Asuhan Kebidanan, Kontrasepsi Suntik 3 Bulan, Spotting
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D3 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 29 Jan 2020 08:12
Last Modified: 29 Jan 2020 08:15
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item View Item