HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KINERJA PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN RAWAT INAP PADA PUSKESMAS DI WILAYAHPEDESAAN KABUPATEN PEKALONGAN

Bagastian, Sandi (2024) HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KINERJA PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN RAWAT INAP PADA PUSKESMAS DI WILAYAHPEDESAAN KABUPATEN PEKALONGAN. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
Pengesahan Artikel - Sandi Bagastyan.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Artikel - Sandi Bagastyan.docx
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak - Sandi Bagastyan.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Bab 1 - Sandi Bagastyan.pdf

Download (277kB)
[img] Text
Lampiran Depan - Sandi Bagastyan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5 - Sandi Bagastyan.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Bab 3 - Sandi Bagastyan.pdf

Download (433kB)
[img] Text
Lembar Konsultasi - Sandi Bagastyan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SANDI BAGASTIAN - Sandi Bagastyan.docx
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI SANDI BAGASTIAN - Sandi Bagastyan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kesehatan kabupaten atau kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pengembangan kesehatan di suatu wilayah kerja. Instalasi rawat inap di puskesmas merupakan upaya pengembangan yang diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan, serta keberadaan puskesmas rawat inap sangat penting dalam mendekatkan layanan kesehatan pada masyarakat. Beberapa puskesmas di Kabupaten Pekalongan Indeks Kepuasan Masyarakat terutama pada Unsur Pelayanan (Waktu Pelayanan) memang masih menjadi kendala dalam mencapai target Standar Pelayanan Minimal. Ada beberapa indikator yang memberikan pengalaman yang baik kepada pengunjung puskesmas. Selain itu, kinerja petugas terutama perawat juga mempengaruhi tingkat kepuasan pasien di puskesmas. Metode : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif noneksperimental dengan pendekatan Cross Sectional. Lokasi dan waktu pengumpulan data dilakukan di Rawat Inap Puskesmas Pedesaan Wilayah Kerja Kabupaten Pekalongan selama 14 hari. Besaran sampel sebanyak 34 responden. Peneliti menggunakan teknik accidental sampling. Hasil : Berdasarkan data kepuasan pasien didapatkan; Cukup Puas 16 responden (50%), Puas 12 responden (37%), Sangat Puas 4 responden (13%). Sedangkan untuk kinerja perawat didapatkan; Cukup baik 8 responden (25%), Baik 20 responden (52,5%), Sangat Baik 4 responden (12,5%). Simpulan : Terdapat hubungan antara kinerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap pada Puskesmas di Wilayah Pedesaan Kabupaten Pekalongan yaitu semakin tinggi kinerja perawat maka tingkat kepuasan pasien semakin tinggi. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Kinerja Perawat

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSusilo, Ekonidn0627097501library@unw.ac.id
Keywords: Kepuasan Pasien, Kinerja Perawat, Sandi Bagastian, 017222025
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas > S1 Keperawatan
User Id: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:13
Last Modified: 15 Mar 2024 02:13
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/3881

Actions (login required)

View Item View Item