ASUHAN KEBIDANAN PADA AKSEPTOR KB SUNTIK 3 BULAN DENGAN KENAIKAN BERAT BADAN DI BPM SRI SUHARTI DESA KEBUNDOWO KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG

ADIA PUTRI, SERLY (2019) ASUHAN KEBIDANAN PADA AKSEPTOR KB SUNTIK 3 BULAN DENGAN KENAIKAN BERAT BADAN DI BPM SRI SUHARTI DESA KEBUNDOWO KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG. D3 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL KTII.pdf

Download (327kB)

Abstract

Kontrasepsi suntikan adalah cara untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan melalui suntikan hormonal. Efek samping yang lain bagi beberapa wanita ialah kenaikan berat badan. Hipotesa para ahli, KB suntik DMPA (Depo Medroxi Progesteron Asetat) merangsang pusat pengendali nafsu makan di hopatalamus yang menyebabkan akseptor makan lebih banyak dari pada biasanya. Tujuan pengelolaan dari kasus ini agar penulis dapat melakukan asuhan kebidanan akseptor kontrasepsi suntik 3 bulan dengan kenaikan berat badan dengan menggunakan manajemen kebidanan varney. Hasil asuhan yang diberikan yaitu beritahu informasi tentang efek samping dari kontrasepsi suntik 3 bulan, anjurkan ibu untuk diet rendah kalori, dan olahraga secara teratur. Setelah dilakukan asuhan diet rendah kalori dan olahraga teratur,selama 4 minggu didapatkan hasil berat badan ibu mengalami penurunan 1,5 kg dan ibu sudah tahu tentang hasil pemeriksaan dan mengerti tentang efek samping dari kontrasepsi suntik 3 bulan, ibu bersedia untuk diet rendah kalori, bersedia untuk olahraga teratur. Kesimpulan pada akseptor KB suntik 3 bulan diberikan asuhan tentang diet rendah kalori dan olahraga secara teratur sehingga dapat menurunkan berat badan. Kata kunci : akseptor kontrasepsi suntik 3 bulan, kenaikan berat badan Kepustakaan : 27 literatur (2004-2016)

Item Type: Thesis (D3)
Keywords: akseptor kontrasepsi suntik 3 bulan, kenaikan berat badan
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D3 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 1
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:27
Last Modified: 14 Jan 2020 02:27
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item View Item