FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI RS. ABD. RIVAI KABUPATEN BERAU PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2018

Y. PASORONG, NELLY (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI RS. ABD. RIVAI KABUPATEN BERAU PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2018. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTKEL.pdf

Download (344kB)

Abstract

Latar Belakang : Anemia pada kehamilan saat ini masih menjadi masalah utama nasional saat ini yang diderita oleh hampir separuh wanita hamil di seluruh Indonesia sesuai data riskesdas tahun 2018 adalah 48,9% ibu hamil di indonesia mengalami anemia. Anemia pada kehamilan merupakan “potential danger to mother and child” (potensial membahayakan ibu dan anak). Secara umum, penyebab utama anemia kehamilan adalah kekurangan zat besi yang timbul sebagai akibat dari peningkatan penggunaan zat besi untuk janin. Kejadian anemia pada ibu hamil di RSUD Abd. Rivai masih tinggi, dari bulan januari 2018 – Desember 2018 sebanyak 288 orang (49,5%) dari 582 ibu hamil. Tujuan : untuk mengetahui faktor-faktor yang hubungan dengan status anemia pada ibu hamil di RSUD Abd. Rivai Kabupaten Berau Metode : Jenis penelitian ini Cross sectional. Alat pengumpul data yang digunakan adalah data sekunder dan sampel diambil dengan cara purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April– Juni tahun 2019 yang bertempat di RSUD Abd. Rivai Kab. Berau. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan SPSS versi 16 data di analisa univariat dan bivariat dengan Uji Chi-Square pada tingkat kemaknaan 0,05. Hasil : Sebesar 49,5% persen ibu hamil mengalami anemia. Hasil penelitian menunujukkan bahwa ada hubungan antar a umur (p-value 0,007) dan jarak kehamilan (p-value 0,012), dengan kejadian anemia pada ibu hamil sedangkan paritas (p-value 0,542) tidak ada hubungan dengan kejadian anemia pada ibu hamil di RSUD Abd. Rivai Kab.Berau. Saran : Bagi tenaga kesehatan dapat memberikan penyuluhan kepada ibu hamil cara pencegahan anemia, pengaturan jarak kehamilan, umur yang tepat untuk hamil serta tentang pemenuhan nutrisi seimbang maupun cara mengkonsumsi tablet fe dengan benar.

Item Type: Thesis (D4)
Keywords: : anemia, ibu hamil,
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D4/ S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 1
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:08
Last Modified: 14 Jan 2020 02:08
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item View Item