Fefiani, Bunga Sisxa (2019) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SADARI DENGAN PERILAKU SADARI PADA SISWI SMK NU UNGARAN. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
ARTIKEL PENELITIAN.pdf Download (602kB) |
|
Text
skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang : Kejadian kanker payudara di Provinsi Jawa Tengah tahun 2013 menempati urutan pertama sebanyak 4.761 kasus. Salah satu metode untuk mendeteksi dini kanker payudara yaitu dengan melakukan SADARI. Keberhasilan perilaku SADARI ini salah satunya dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikap. Tujuan : Mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap SADARI dengan perilaku SADARI pada siswi SMK NU Ungaran. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan cross sectional. Jumlah populasi sebanyak 427 siswi.Sampel sebanyak 82 responden diambil dengan teknik proportionate random sampling. Alatukur yang digunakan kuesioner tentang pengetahuan, sikap dan perilaku SADARI. Uji analisis Chi Square. Hasil dan Simpulan: Ada hubungan pengetahuan dan sikap SADARI dengan perilaku SADARI pada siswi SMK NU Ungaran p = 0.001 (α = 0.05) dan p = 0.018 (α =0.05). Saran: Disarankan siswi yang berpengetahuan dan bersikap kurang baik untuk lebih proaktif dalam mencari informasi tentang masalah kesehatan payudara terutama tentang pemeriksaan payudara sendiri dan dapat meningkatkan kesadaran mengenai SADARI sehingga apabila ada gejala kanker payudara dapat dideteksi secara dini dan tidak terjadi keterlambatan penanganan.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Keywords: | Pengetahuan, Sikap, Perilaku SADARI | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas > S1 Keperawatan | ||||||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 4 | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Dec 2019 04:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Dec 2019 04:41 | ||||||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/34 |
Actions (login required)
View Item |