PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGIRIMAN BARANG PADA JASA EKSPEDISI DARAT YANG DISELENGGARAKAN OLEH LION PARCEL

Amalia Cicik, Riska (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGIRIMAN BARANG PADA JASA EKSPEDISI DARAT YANG DISELENGGARAKAN OLEH LION PARCEL. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
artikel - Cicik - Riska Amalia Cicik R.docx
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text
pengesahan artikel cicik - Riska Amalia Cicik R.pdf

Download (142kB)
[img] Text
lampiran depan- cicik - Riska Amalia Cicik R.pdf

Download (938kB)
[img] Text
Abstrak- cicik - Riska Amalia Cicik R.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Bab 1- cicik - Riska Amalia Cicik R.pdf

Download (871kB)
[img] Text
Bab 3- cicik - Riska Amalia Cicik R.pdf

Download (523kB)
[img] Text
Bab 5- cicik - Riska Amalia Cicik R.pdf

Download (514kB)
[img] Text
SKRIPSI - RISKA AMALIA CICIK RUSTIANA - Riska Amalia Cicik R.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
lembar konsul- cicik - Riska Amalia Cicik R.pdf

Download (279kB)

Abstract

Perlindungan hukum terhadap konsumen adalah upaya untuk menjamin dan melindungi konsumen dengan adanya suatu kepastian hukum. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen oleh jasa ekspedisi apabila konsumen mengalami keterlambatan, kerusakan dan kehilangan barang saat proses pengiriman. Permasalahan pada penelitian ini yaitu bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen apabila mengalami kerusakan, keterlambatan dan kehilangan barang saat proses pengiriman barang? Dan bagaimana proses penyelesaian sengketa antara konsumen dengan pihak ekspedisi?. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif. Metode deskriptif kualitatif adalah metode yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Dagang ekspedisi termasuk kedalam perusahaan yang bergerak pada pengiriman barang dan jasa yang bertanggung jawab terhadap barang yang dikirimnya. Perlindungan hukum konsumen diatur pada Undang- Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Konsumen wajib mendapatkan ganti rugi dari pelaku usaha untuk melindungi hak konsumen sesuai dengan Pasal 4 huruf h Undang-Undang Perlindungan Konsumen yaitu konsumen berhak untuk mendapatkan ganti rugi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Perlindungan hukum terhadap konsumen atas pengiriman barang pada jasa ekspedisi darat yang diselenggarakan oleh Lion Parcel karena kerusakan, keterlambatan dan kehilangan paket merupakan upaya hukum perlindungan hukum preventif, yang mana perlindungan hukum preventif merupakan perlindungan hukum untuk mencegah terjadinya suatu sengketa yang terjadinya akibat dari kerugian dan pelanggaran hak konsumen yang dilakukan oleh Lion Parcel. Hingga saat ini tidak ada penyelesaian sengketa sampai pada jalur hukum, semua diselesaikan secara kekeluargaan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorYuliawan, IndraNIDN0614077603library@unw.ac.id
Keywords: Perlindungan Hukum, Jasa Ekspedisi, Konsumen,Riska Amalia Cicik Rustiana 111191010
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:29
Last Modified: 25 Oct 2023 04:29
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/3363

Actions (login required)

View Item View Item