PERSEPSI MUTU PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN RAWAT JALAN POLI KIA DI PUSKESMAS AMBARAWA

Utami, Andini Setyo (2023) PERSEPSI MUTU PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN RAWAT JALAN POLI KIA DI PUSKESMAS AMBARAWA. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ABSTRAK ANDINI (PDF) - andini setyo.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB I Andini (pdf) - andini setyo.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB III Andini (PDF) - andini setyo.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB V ANDINI - andini setyo.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Lembar Pengsahan Artikel Andini - andini setyo.pdf

Download (358kB)
[img] Text
ARTIKEL ANDINI SETYO UTAMI - andini setyo.docx
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
Lampiran depan Andini Setyo Utami - andini setyo.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_ANDINI SETYO UTAMI NIM 152211038 (PDF) - andini setyo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Lembar Konsul Andini - andini setyo.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_ANDINI SETYO UTAMI NIM 152211038 (1) - andini setyo.docx
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: AKI dan AKB merupakan indikator yang dapat digunakan untuk melihat keberhasilan upaya pelayananan kesehatan. AKI dan AKB semakin meningkat di Indonesia dan pemerintah berupaya untuk menekan AKI dan AKB dengan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak khususnya di Puskesmas. Dari hasil studi pendahuluan di Puskesmas Ambarawa didapatkan hasil bahwa ada penurunan kunjungan pasien pada poli KIA ditahun 2020–2021 sebanyak 395 pasien. Hasil wawancara mengenai persepsi mutu pelayanan pada 12 pasien 5 diantaranya menyatakan persepsi kurang baik yaitu: 2 pasien menyatakan bahwa waktu tunggu pemeriksaan relatif lama, waktu tunggu pengambilan obat relatif lama. 1 pasien menyatakan lahan parkir Puskesmas Ambarawa kurang memadai, 2 pasien lainnya menyatakan bahwa pelayanan pada poli KIA terkadang lama dan ruangan poli KIA menurut pasien kurang memadai dan sempit. Tujuannya untuk mengetahui persepsi mutu pelayanan kesehatan pada pasien rawat jalan di Puskesmas Ambarawa. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian pasien poli KIA tanggal 26 Desember 2022-9 Januari 2023.Sampel penelitian ini adalah pasien poli KIA Puskesmas Ambarawa sejumlah 65 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah acidental sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur menggunakan panduan kuisioner.Analisis data univariat menggunakan persentase. Hasil: analisis univariat menunjukan bahwa gambaran persepsi mutu pelayanan di Puskesmas Ambarawa sudah baik sebanyak 70,8% dan persepsi mutu kurang baik sebanyak 29,2%. Simpulan: Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa mayoritas responden menyatakan persepsi mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Ambarawa baik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorAfriyani, Luvi Diannidn0627048302library@unw.ac.id
Keywords: Andini Setyo Utami, 152211038, Persepsi, Mutu Pelayanan, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 23 Oct 2023 06:18
Last Modified: 23 Oct 2023 06:18
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/3300

Actions (login required)

View Item View Item