PERBEDAAN PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN DI DESA GILING KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG

Bakti, Wayan Suci (2019) PERBEDAAN PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN DI DESA GILING KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (296kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang umum terjadi pada wanita dinegara maju. Jawa tengah sebanyak 2,09% WUS yang mengalami benjolan,sedangkan Kabupaten Semarang (2017) ada 4 orang yang positif kanker payudara atau 0.25%,masalah utama tingginya kematian kanker payudara adalah kurangnya pengetahuan masyarakat tentang SADARI Tujuan: Untuk Mengetahui Perbedaan Pengetahuan WUS Sebelum Dan Sesudah Diberikan Pendidikan Kesehatan Tentang SADARI Di Desa Giling Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang tahun 2019 Metode: desan penelitian yaitu Pre experiment design dengan menggunakan pendekatan one grup pretes-postest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh wanita usia subur yang berusia 20-45 tahun dan jumlah wanita usia subur usia 20-45 tahun di Desa Giling Kecamatan Pabelan sebanyak 288 orang dengan sampel 20 orang wanita usia subur usi 20-45 tahun. Tehnik sampling sampel menggunakan Proportional Random Sampling dengan teknik analisi data menggunakan uji paired t-test. Hasil: hasil rata-rata nilai prestest dan posttest pengetahuan pada wanita usia subur sebesar 14,50 dan 20,30. Hasil uji paired t-test. Didapatkan p value sebesar 0,000 (<0,05) artinya terdapat perbedaan pengetahuan wanita usia subur sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang SADARI. Simpulan: pendidikan Kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan wanita usia subur tentang SADARI di Desa Giling Pabelan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan.

Item Type: Thesis (D4)
Keywords: Pengetahuan, WUS, SADARI
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D4/ S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 10 Jan 2020 02:02
Last Modified: 10 Jan 2020 02:02
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item