ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU HAMIL NY.M G3 P2 A0 UMUR KEHAMILAN 8 MINGGU DENGAN TERAPI AKUPRESUR UNTUK MENGURANGI MUAL MUNTAH DI BPM SULASTRI NYATNYONO UNGARAN BARAT

KUMALASARI, RATIH (2019) ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU HAMIL NY.M G3 P2 A0 UMUR KEHAMILAN 8 MINGGU DENGAN TERAPI AKUPRESUR UNTUK MENGURANGI MUAL MUNTAH DI BPM SULASTRI NYATNYONO UNGARAN BARAT. D3 thesis, Univeristas Ngudi Waluyo.

[img] Text
kti ratih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
artikel ratih.pdf

Download (349kB)

Abstract

Dalam kehamilan trimester I, ketidaknyamanan yang paling mungkin muncul adalah mual muntah. Sekitar 50%-80% wanita mengalami mual muntah pada kehamilan trimester I. Dari hasil wawancara dan observasi langsung di BPM Sulastri terdapat 45 ibu hamil, trimester I berjumlah 8 orang ( 18 %), sebanyak 5 orang ibu (62%) yang mengalami mual muntah. Ibu hamil yang mengalami mual muntah di BPM tersebut dilakukan pemberian terapi Norvom 3x1 bila perlu dan belum pernah dilakukan terapi akupresur. Upaya untuk menurunkan frekuensi mual muntah pada ibu hamil trimester I yaitu dengan terapi akupresur Tujuan : Mampu melaksanakan asuhan kebidanan ibu hamil pada Ny. M umur 34 tahun G3P2A0 umur kehamilan 8 minggu dengan terapi akupresur untuk mengurangi mual muntah di BPM Sulastri, Nyatnyono Ungaran Barat dengan menggunakan manajemen kebidanan 7 langkah varney Metode : Metode penulisan yang digunakan penulis dalam pengumpulan data dengan cara wawancara, pemeriksaan fisik, observasi, studi kepustakaan, dan dokumentasi Hasil : Diperoleh hasil bahwa pada Ny.M Setelah dilakukan terapi akupresur selama 3x24 jam, frekuensi mual muntah pada ny. M menurun dari 4 kali mengalami mual dalam 1 hari menjadi 1 kali mengalami mual dalam 1 hari. Simpulan : Terapi akupresur dapat mengurangi frekuensi mual muntah Saran : Tenaga kesehatan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan peningkatan jangkauan pelayanan kesehatan dengan menerapkan terapi akupresur untuk mengurangi mual muntah pada pasien ibu hamil trimester I dalam melakukan asuhan kebidanan.

Item Type: Thesis (D3)
Keywords: Terapi akupresur, ibu hamil trimester I, mual muntah
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D3 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 10 Jan 2020 01:35
Last Modified: 10 Jan 2020 01:35
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item