FORMULASI NANOPARTIKEL EKSTRAK BUAH PARIJOTO (Medinilla speciosa Blume) DENGAN VARIASI ENKAPSULAN KITOSAN, ALGINAT DAN NATRIUM TRIPOLIFOSFAT

REGINA PENI, ANICETA (2019) FORMULASI NANOPARTIKEL EKSTRAK BUAH PARIJOTO (Medinilla speciosa Blume) DENGAN VARIASI ENKAPSULAN KITOSAN, ALGINAT DAN NATRIUM TRIPOLIFOSFAT. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (364kB)

Abstract

Buah Parijoto (Medinilla speciosa Blume) merupakan salah satu tanaman yang mempunyai kandungan senyawa metabolit sekunder flavonoid, alkaloid, tanin dan saponin, yang cenderung memiliki kelarutan yang rendah, ukuran partikel yang besar dan bioaktifitas yang rendah. Peningkatan aktifitas senyawa aktif buah parijoto dapat dilakukan dengan pembentukan nanopartikel. Pembentukan nanopartikel buah parijoto dilakukan dengan teknik gelasi ionik menggunakan kitosan, alginat dan NaTPP. Tujuan : Mengetahui konsentrasi kitosan, alginat dan NaTPP yang menghasilkan karakteristik nanopartikel ekstrak buah parijoto yang optimum dilihat dari % transmitan, ukuran dan distribusi partikel, serta morfologi partikel. Metode Penelitian : Penelitian ini termasuk dalam metode penelitian eksperimental laboratorium untuk memperoleh data hasil. Hasil : Pembentukan nanopartikel ekstrak buah parijoto dengan variasi konsentrasi kitosan, alginat dan NaTPP yang paling optimal adalah konsentrasi 0.02%; 0.01%; 0.01%. Hasil karakterisasi nanopartikel diperoleh nilai % transmitan yang mendekati 100% yaitu 99.949%, ukuran partikel<200 nm yaitu 187.7 ± 2.44 nm, distribusi ukuran partikel dibawah 0.3 yaitu 0.240 ± 0.02, dan morfologi nanopartikel dengan ukuran 711 nm. Kesimpulan : Konsentrasi kitosan, alginat, NaTPP 0,02; 0,01;0,01 menghasilkan nanopartikel ekstrak buah parijoto yang memenuhi persyaratan sebagai nanopartikel dilihat dari nilai % transmitan, ukuran dan distribusi ukuran partikel, serta morfologi partikel.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: Nanopartikel, Parijoto, Kitosan, Alginat, NaTPP
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Farmasi
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 09 Jan 2020 08:29
Last Modified: 09 Jan 2020 08:29
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item View Item