HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KESIAPAN REMAJA PUTRI MENGHADAPI MENSTRUASI PERTAMA (MENARCHE) PADA SISWI SD NEGRI LANGENSARI 02, UNGARAN BARAT SEMARANG

CAHYANI, FITRI (2019) HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KESIAPAN REMAJA PUTRI MENGHADAPI MENSTRUASI PERTAMA (MENARCHE) PADA SISWI SD NEGRI LANGENSARI 02, UNGARAN BARAT SEMARANG. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (282kB)

Abstract

Remaja dalam mempersiapkan menarche memerlukan dukungan, baik dukungan emosional, informasi, penghargaan maupun instrumental. Dukungan semacam itu dapat diperoleh dari lingkungan keluarga (orang tua). Orang tua dapat memainkan peran aktif dalam memberikan pemahaman tentang menarche, karena ini adalah hal yang sangat awal bagi seorang remaja. Untuk itu, remaja perlu mempersiapkan diri menghadapi menarche yang akan datang. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan kesiapan remaja putri menghadapi menarche (menstruasi pertama) pada siswi SD N Langensari 02 Ungaran Barat Semarang. Metode : Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi semua siswi kelas IV dan V yang belum mengalami menstruasi di SDN Langensari 02, Ungaran Barat, sebanyak 45 siswi. Sampel menggunakan tehnik total sempling. Hasil : Hasil analisis univariat terhadap 45 responden di dapatkan 26 (57,8%) responden mempunyai dukungan orang tua baik, 11 (24,4%) cukup, 8 (17,8%) kurang, untuk kesiapan 27 (60%) siap dan 18 (40%) tidak siap. Hasil analisis bivariat dengan uji chi-square menunjukkan ada hubungan antara dukungan orang tua dengan kesiapan remaja putri menghadapi menarche (menstruasi pertama) pada siswi SD N Langensari 02 Ungaran Barat , p-value (0,001). Kesimpulan : Ada hubungan antara dukungan orang tua dengan kesiapan remaja putri menghadapi menarche (menstruasi pertama) pada siswi SD N Langensari 02 Ungaran Barat. Saran : Diharapakan orang tua memberkan dukungan kepada anak sehingga anak lebih siap dalam menghadapi menarche.

Item Type: Thesis (D4)
Keywords: dukungan orang tua, kesiapan
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D4/ S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:54
Last Modified: 09 Jan 2020 07:54
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item