PERBEDAAN EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI DAN FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI PADA SISWA-SISWI DI SLB NEGERI UNGARAN

NONA ITA, YUVENTA (2019) PERBEDAAN EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI DAN FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI PADA SISWA-SISWI DI SLB NEGERI UNGARAN. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (499kB)

Abstract

Anak tunagrahita merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut anak yang mempunyai kemampuan intelaktual dibawah rata-rata, masalah menggosok gigi merupakan salah satu masalah yang cukup kompleks dalam hal bina diri dimana anak tunagrahita sedang, mengalami kesulitan dan tergantung dengan bantuan orang lain. Hal tersebut menyebabkan anak kurang menjaga kesehatan rongga gigi. Tujuan: Apakah ada Perbedaan Cara Kemampuan Menggosok Gigi Dengan Metode Demonstrasi Dan Film Animasi Pada Siswa-Siswi SLB Kelas I dan V di SLB Negeri Ungaran Kabupaten Semarang Metode: Penelitian ini adalah quasi experiment, dengan rancangan penelitian mengobservasi, desain penelitian ini berbentuk counterbalanced design. Populasi dalam penelitian anak tunagrahita berjumlah 20 responden dari kelas I sampai kelas V, teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, teknik analisis data menggunakan uji t test. Hasil: Penelitian ini menunjukan rata-rata peningkatan skor kemampuan menggosok gigi sesudah diberikan metode demonstrasi dan metode film animasi. Berdasarkan uji t independen, didapatkan nilai t hitung sebesar 0,791 dengan p-value 0,439. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan efektivitas metode demonstrasi dan metode film animasi terhadap kemampuan menggosok gigi pada siswa di SLB Negeri Ungaran Kabupaten Semarang Saran: Sekolah menerapkan kegiatan menggosok gigi sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan dan minat siswa dalam menjaga kebersihan gigi pada anak tunagrahita sedang.

Item Type: Thesis (D4)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
UNSPECIFIEDKristiningrum, WahyuUNSPECIFIED0610048803
UNSPECIFIEDLestari, PujiUNSPECIFIED0606048902
Keywords: Kemampuan gosok gigi, Metode demonstrasi dan Film Animasi
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:54
Last Modified: 08 Jan 2020 02:54
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item View Item