PERBEDAAN SIKAP SISWA KELAS VIII SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PROMOSI KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PENCEGAHAN HIV/AIDS DI SMPN 2 UNGARAN

Kholifah, Yuliani Isti (2019) PERBEDAAN SIKAP SISWA KELAS VIII SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PROMOSI KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PENCEGAHAN HIV/AIDS DI SMPN 2 UNGARAN. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (233kB)

Abstract

Latar Belakang : HIV/AIDS merupakan masalah kesehatan masyarakat yang memerlukan perhatian sangat serius, terlihat dari penyebaran penyakit yang sangat cepat tanpa mengenal batas negara dan masyarakat di dunia. Data kasus HIV/AIDS di Jawa Tengah diantaranya Semarang 1.393 ( 15%), Surakarta 636 (7%) kasus, Banyumas sebanyak 584 (62%) kasus dan Pati Sebanyak 510 (5,42%) kasus. Tujuan : Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan sikap siswa kelas VIII sebelum dan sesudah diberikan promosi kesehatan dengan media audiovisual dalam pencegahan HIV/AIDS di SMPN 2 Ungaran. Metode : Pre experiment design dengan pendekatan one group preetest posttest design. Metode pengambilan sampel Kuota Sampling dengan jumlah sampel 21 responden. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 26 pertanyaan. Penelitian ini menggunakan uji Paired T test. Hasil : Sebelum diberikan promosi kesehatan dengan media audiovisual tentang HIV/AIDS didapatkan nilai rata-rata score 21 responden sebesar 74.43 dan sesudah diberikan promosi kesehatan dengan media audiovisual nilai rata-rata score 21 responden meningkat menjadi 78.81. Hasil penelitian didapatkan nilai t hitung > t tabel pada uji paired t test yaitu 2,578 > 2,086 yang artinya terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan promosi kesehatan dengan media audiovisual. Kesimpulan : promosi kesehatan dengan media audiovisual meningkatkan sikap siswa dalam pencegahan HIV/AIDS. Saran : bagi peneliti selanjutnya untuk dapat mengembangkan penelitian ini dengan memperluas ruang lingkup penelitian dan menambah variabel pada penelitian.

Item Type: Thesis (D4)
Keywords: Promosi Kesehatan, Metode Ceramah, Audiovisual, HIV/AIDS
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D4/ S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:08
Last Modified: 08 Jan 2020 02:08
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item View Item