GAMBARAN KARAKTERISTIK DAN DAMPAK MENIKAH DINI PADA WANITA USIA SUBUR YANG MENIKAH DI KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018

Milyati, Sinta (2019) GAMBARAN KARAKTERISTIK DAN DAMPAK MENIKAH DINI PADA WANITA USIA SUBUR YANG MENIKAH DI KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
5. ARTIKEL.pdf

Download (407kB)
[img] Text
3. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (682kB)
[img] Text
2. BAB I-VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)

Abstract

Latar belakang : Pernikahan usia muda adalah pernikahan yang dilakukan pada usia perempuan < 21 tahun. Usia belum matang secara medis dan psikologinya. Data yang didapatkan di KUA Kecamatan Bergas Tahun 2018 sebanyak 114 perempuan menikah muda. Beberapa Karakteristik yang mempengaruhi seseorang menikah muda adalah tingkat pendidikan, pekerjaan, dampak pernikah dini. Tujuan : Untuk mengetahui gambaran karakteristik wanita usia subur yang menikah dini Metode : Menggunakan pendekatan cross-sectional.popilasi wanita usia subur menikah dini tahun 2018 sebanyak 46 responden. Teknik pengambilan sampel accidental sampling. Analisis univariat menggunakan distrubusi frekuensi. Hasil : pendidikan dasar 11 orang, pendidikan pertama 14 orang, pendidikan menengah 21 orang. Tidak bekerja 40 orang, bekerja 6 orang. Adapun dampak pernikah dini, keguguran 15 orang, tekanan darah tinggi 7 orang, penyulit saat bersalin ada 6 orang, melahirkan sebelum waktunya 7 orang, berat bayi lahir rendah 6 orang, kdrt 4 orang. Kesimpulan : Sebagian besar karakteristik responden tingkat pendidikan menengah, tidak bekerja, minim keguguran, minim penyulit saat hamil, minim penyulit saat persalinan, minim melahirkan sebelum waktunya, minim bblr, minim kdrt. Disarankan pada remaja putri untuk lebih aktif mendapatkan informasi mengenai menikah dini.

Item Type: Thesis (D4)
Keywords: Tingkat Pendidikan, Pekerjaan, Dampak Menikah Dini
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D4/ S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 07 Jan 2020 07:21
Last Modified: 07 Jan 2020 07:21
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item View Item