PENGARUH PEMBERIAN PENYULUHAN TENTANG KONTRASEPSI AKDR DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN BANDUNGAN

Sari, Dwi Murti (2019) PENGARUH PEMBERIAN PENYULUHAN TENTANG KONTRASEPSI AKDR DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN BANDUNGAN. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (253kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang Berdasarkan data dari puskesmas jimbaran di dapatkan desa sidomukti masih rendah dalam penggunaan kontrasepsi AKDR yaitu sampai bulan mei 2019 sebanyak 11 akseptor yang memakai kontrasepsi AKDR. Rendahnya penggunaan kontrasepsi AKDR disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah rendahnya tingkat pengetahuan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan WUS (Wanita Usia Subr) tentang kontrasepsi AKDR adalah penyuluhan kesehatan dengan menggunakan media audio visual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian penyuluhan tentang kontrasepsi akdr dengan media audio visual terhadap tingkat pegetahuan pada wanita usia subur di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan. Metode penelitian ini menggunakan studi pre-experimental design yang menggunakan rancangan pre-post test. Populasi dalam penelian ini adalah seluruh wanita usia subur yang tercatat sampai dengan bulan mei tahun 2019 di wilayah desa Sidomukti Kecamatan Bandungan sebanyak 1.132 wanita usia subur. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Proporsional randem sampling dengan sampel berjumlah 92 responden. Hasil penelitian ini berdasarkan uji wiloxon didapatkan p-value 0,000 < 0,05 menunjukan bahwa ada pengaruh pemberian penyuluhan tentang kontrasepsi AKDR dengan media audio visual. Saran Diharapkan masyarakat Aktif untuk mendapatkan informasi tentang alat kontrasepsi dari berbagai sumber agar bisa lebih meningkatkan pengetahuannya.

Item Type: Thesis (D4)
Keywords: Penyuluhan, AKDR, Pengetahuan, Wanita Usia Subur
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D4/ S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:20
Last Modified: 07 Jan 2020 04:20
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item View Item