HUBUNGAN PERAN KELUARGA DENGAN MANAJEMEN HIPERTENSI PADA LANSIA DI DUSUN NYAMPURAN DAN KARANG WETAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG

Agus, Susanto (2019) HUBUNGAN PERAN KELUARGA DENGAN MANAJEMEN HIPERTENSI PADA LANSIA DI DUSUN NYAMPURAN DAN KARANG WETAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
MANUSKRIP (1).pdf

Download (379kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penyakittidak menularadalah penyebab kematian terbanyakdi Indonesia, salah satunya adalah hipertensi. Diperlukan pengaturan diet diet rendah garam dan rendah lemak, perubahan gaya hidup, pengelolaanstres, mengontrol kesehatan, olahraga teratur, dan pengobatan hipertensi (managemen hipertensi). Peran keluarga sangat diperlukan untuk managemen perawatan hipertensi pada penderita hipertensi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan peran keluarga dengan managemen hipertensi pada lansia di Dusun Nyampuran Dan Karang Wetan Di Wilayah Kerja Puskesmas SumowonoKabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian sebanyak 320 orang. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel 77 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner peran keluargadan kuesioner managemen hipertensi.Analisa data menggunakan Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mendapat peran keluarga baik yaitu sejumlah 39 responden (50,6%), sebagian besar memiliki menejemen hipertensi kategori tinggi, yaitu sejumlah 30 orang (39%), dan ada hubungan antara peran keluarga dengan manajemen hipertensi pada lansia di Puskesmas SumowonoDusun Nyampuran Dan Karang Wetan (p-value 0,000). Saran bagi Puskesmas Sumowono hasil penelitian dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk meningkatkan motivasi perawat dalam memberikan manajemen hipertensi kepada lansia yang dan keluarganya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: Peran Keluarga, Managemen Hipertensi, Lansia Penderita Hipertensi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas > S1 Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 05 Dec 2019 02:59
Last Modified: 05 Dec 2019 02:59
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item View Item