HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL PETUGAS KESEHATAN DENGAN PEMILIHAN KONTRASEPSI PASCAPERSALINAN PADA IBU PRIMIGRAVIDA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG

Yusi, Lindiya Wati (2019) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL PETUGAS KESEHATAN DENGAN PEMILIHAN KONTRASEPSI PASCAPERSALINAN PADA IBU PRIMIGRAVIDA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL YUSI.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB I - 6 SKRIPSI YUSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

LatarBelakang:Dukungan petugas kesehatan merupakan salah satu faktor yang ikut mendukung peran serta ibu dalam keikutsertaan KB pascapersalinan. Pemilihan kontrasepsi yang tidak tepat akan berdampak pada kegagalan program KB dan ketidaknyamanan ibu yang diakibatkan oleh efek samping dari kontrasepsi yang digunakan. Tujuan:Mengetahui hubungan dukungan sosial petugas kesehatan dengan pemilihan kontrasepsi pascapersalinan pada ibu primigravida di Wilayah Kerja Puskesmas Sumowono Kabupaten semarang.Metode:Desain penelitian ini deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling.Besar sampel adalah 53 ibu hamil primigravida di Wilayah Kerja Puskesmas Sumowono Kabupaten semarang.Instrumen penelitiannya berupa kuesioner.Analisis data menggunaka nuji statistic Chi Square. Hasil: Dukungan sosial petugas kesehatan sebagian besar kategori baik 36 responden (67.9%) dan memilih kontrasepsi pascapersalinan sebesar 32 responden (60.4%). Ada hubungan bermakna dukungan sosial petugas kesehatan dengan pemilihan kontrasepsi pascapersalinan di Wilayah Kerja Puskesmas Sumowono Kabupaten Semarang, dengan p-value sebesar 0,050<= α 0,05. Simpulan: Ada hubungandukungansosialpetugas kesehatan dengan pemilihan kontrasepsi pascapersalinan di Wilayah KerjaPuskesmasSumowono Kabupaten Semarang. Saran:Diharapkan ibu primigravida pada saat akan memilih kontrasepsi pascapersalinan sebaiknya direncanakan dari awal kehamilan agar pada saat sudah melahirkan bisa langsung memilih kontrasepsi pascapersalinan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: Dukungan Sosial Petugas Kesehatan, Pemilihan Kontrasepsi Pascapersalinan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 05 Dec 2019 02:45
Last Modified: 05 Dec 2019 02:45
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item View Item