PERBEDAAN PENGETAHUAN SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENYULUHAN PROGRAM AKU BANGGA AKU TAHU (ABAT) TENTANG HIV DAN AIDS PADA SISWA KELAS X DAN XI DI SMK TUNAS PARIWISATA UNGARAN

Nurliyana, Nurliyana (2019) PERBEDAAN PENGETAHUAN SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENYULUHAN PROGRAM AKU BANGGA AKU TAHU (ABAT) TENTANG HIV DAN AIDS PADA SISWA KELAS X DAN XI DI SMK TUNAS PARIWISATA UNGARAN. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (641kB)

Abstract

Latar belakang : Penyakit AIDS di Indonesia menempati urutan ketiga dari daftar sepuluh penyakit mematikan, tepat dibawah penyakit jantung dan kanker. Pencegahan lebih ditekankan pada kelompok usia 15 – 19 tahun. Program “Aku Bangga Aku Tahu” adalah salah satu upaya pengendalian HIV dan AIDS dengan menggunakan media KIE. Tujuan : Untuk mengetahui perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan program Aku Bangga Aku Tahu (ABAT) tentang HIV dan AIDS pada siswa kelas X dan XI di SMK Tunas Pariwisata Ungaran. Metode : Desain penelitian ini adalah pre experiment menggunakan pendekatan one group pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMK Tunas Pariwisata Ungaran yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu total sampling (sampling jenuh). Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner tentang pengetahuan siswa terhadap HIV dan AIDS. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji beda menggunakan Paired T-test. Hasil penelitian : Hasil perhitungan sebelum diberikan penyuluhan rata-rata pengetahuan responden sebesar 10,62 kemudian meningkat menjadi 13,31 setelah diberikan penyuluhan. Pada analisis bivariat (p-value 0,000), menunjukkan bahwa adanya perbedaan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan. Kesimpulan : Terdapat perbedaan pengetahuan siswa sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan program aku bangga aku tahu (ABAT) tentang HIV dan AIDS pada siswa kelas X dan XI di SMK Tunas Pariwisata Ungaran. Disarankan pihak sekolah dapat menjalankan program Aku Bangga Aku Tahu, dimana program tersebut dapat memberikan pengetahuan pada siswa-siswi di SMK Tunas Pariwisata Ungaran tentang HIV/AIDS yang komprehensif.

Item Type: Thesis (D4)
Keywords: Penyuluhan Program Aku Bangga Aku Tahu (Abat), Pengetahuan, HIV Dan AIDS, Siswa Kelas X Dan Xi
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D4/ S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 07 Jan 2020 01:53
Last Modified: 07 Jan 2020 01:53
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item View Item