GAMBARAN PENANGANAN EMESIS GRAVIDARUM PADA IBU HAMIL DI WILAYAH PUSKESMAS LEREP KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG

Aishah, Ulfa (2019) GAMBARAN PENANGANAN EMESIS GRAVIDARUM PADA IBU HAMIL DI WILAYAH PUSKESMAS LEREP KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. D4 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKELL.pdf

Download (313kB)

Abstract

Latar Belakang : Emesis gravidarum terjadi sekitar 60- 80% pada primigravida dan 40-60% pada multigravida. Penanganan emesis dapat dilakukan dengan terapi farmakologis maupun nonfarmakologis. Ibu hamil yang mengalami mual dan mengatasi mual dan muntahnya dengan penanganan mandiri dengan cara minum teh panas, makan biskuit dan dengan minyak kayu putih, ada pula ibu yang tidak mampu melakukan penanganan mandiri dan meminum obat. Tujuan : mengetahui penanganan emesis gravidarum pada ibu hamil di wilayah Puskesmas Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Metode : Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil TM I dan TM II di wilayah Puskesmas Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang pada bulan April 2019. Teknik pengambilan sampel purposive sampling sampel sebanyak 40 ibu hamil. Instrumen yang akan digunakan adalah kuesioner. Analisis data dinyatakan dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase. Hasil : Secara farmakologis sebagian besar meminum obat yang diberi oleh bidan atau dokter sebanyak 33 responden (82,5%). Secara non farmakologis sebagian besar pola makan mengkonsumsi buah-buahan 39 responden (98%), pengobatan herba/alamiah sebagian besar mengkonsumsi permen pappermint 20 responden (50%), istirahat dan tidur sebagian besar mengatasi mual dengan berbaring 35 esponden (88%), pola hidup sebagian besar menggunakan pakaian yang longgar saat hamil 28 responden (70%), terapi komplementer sebagian besar menggunakan aromatherapi 28 responden (70%). Simpulan : Penanganan emesis gravidarum pada ibu hamil secara farmakologis sebagian besar ibu hamil meminum obat yang diberi oleh bidan atau dokter sebanyak 33 responden (82,5%) dan penanganan non farmakologis sebagian besar mengkonsumsi buah-buahan sebanyak 39 responden (98%).

Item Type: Thesis (D4)
Keywords: Penanganan Emesis Gravidarum, Ibu Hamil
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas UNW > D4/ S1 Kebidanan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:08
Last Modified: 06 Jan 2020 08:08
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item View Item