Vifri Ismiriyam, Fiktina (2016) Hubungan Kebiasaan Menonton Tayangan Televisi dengan Kreativitas Kognitif Anak Pra Sekolah. Jurnal Keperawatan Anak Volume 3 No 1 November 2016.
Text
Jurnal TV Final (1).pdf Download (739kB) |
Abstract
Anak usia prasekolah akan mengenal dunia dengan bermain, mampu mengembangkan kematangan fisik, emosional dan mental sehingga akan membuat anak tumbuh menjadi anak yang kreatif, cerdas dan penuh inovatif. Menonton tayangan televisi merupakan salah satu permainan yang bersifat pasif sehingga bisa berpengaruh terhadap perkembangan otak anak dan mengurangi kreativitas.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada hubungan kebiasaan menonton tayangan televisi dengan kreativitas kognitif anak prasekolah di TK Islam Nurul Izzah Candirejo Ungaran . Jenis penelitian ini adalah descriptive correlation dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Maret 2015 dengan teknik minimal sampling dengan jumlah sampel 27 sampel anak di TK Islam Nurul Izzah Candirejo Ungaran.Analisis ini menggunakan Fisher Exact. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebiasaan menonton tayangan televisi di TK Islam Nurul Izzah Candirejo Ungaran kategori baik sebanyak 10 (37 %) dan kategori buruk sebanyak 17 (63 %). Sedangkan kreativitas kognitif kategori baik sebanyak 14 (51,9 %) dan kategori kurang baik sebanyak 13 (48,1 %). Berdasarkan Fisher Exact di dapatkan nilai p value sebesar 0,004 ( p value< 0,05) maka dapat disimpulakan bahwa ada hubungan kebiasaan menonton tayangan televisi dengan kreativitas kognitif anak prasekolah di TK Islam Nurul Izzah Candirejo, Ungaran. Berdasarkan hasil tersebut diharapakan kepada orang tua untuk mengontrol kebiasaan menonton tayangan televisi pada anak agar tidak mengurangi kretivitas pada anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Fiktina Vifri Ismiriyam, Tayangan Televisi, Kreativitas Kognitif, Prasekolah. |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Penelitian Dosen > Keperawatan |
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 4 |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 00:49 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 01:45 |
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/2214 |
Actions (login required)
View Item |