Gambaran Personal Hygiene Pada Santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum (MU) Kelurahan Susukan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang

Agus Ariasa, Pande Komang (2019) Gambaran Personal Hygiene Pada Santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum (MU) Kelurahan Susukan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Artikel.pdf

Download (431kB)

Abstract

: Personal Hygiene yang tidak baik pada Santri mempermudah tubuh terserang berbagai penyakit, seperti penyakit infeksi, penyakit mulut dan gigi, dan penyakit saluran cerna atau bahkan dapat menghilangkan fungsi bagian tubuh tertentu, seperti halnya kulit penyakit kulit Tujuan : Mengetahui gambaran personal hygiene pada santri di pondok pesantren Miftahul Ulum (MU) Kelurahan Susukan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Metode : Desain penelitian ini deskriptif dengan pendekatan survey. Populasi penelitian ini adalah semua Santri yang berpesantren di Pesantren Miftahul Ulum (MU) Kelurahan Susukan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang dengan jumlah sampel 67 orang yang diambil dengan teknik multistage random sampling. Alat pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis univariat diolah menggunakan rumus distribusi frekuensi. Hasil : Santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum (MU) Kelurahan Susukan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang memiliki personal hygiene sebagian besar kategori baik (91,0%), yaitu personal hygiene kulit kategori baik (85,1%), personal hygiene gigi dan mulut kategori baik (97,0%), personal hygiene rambut kategori baik (92,5%), personal hygiene kuku, tangan dan kaki kategori baik (85,1%) dan personal hygiene genetalia kategori baik (88,1%). Simpulan : Santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum (MU) Kelurahan Susukan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang memiliki Personal Hygiene sebagian besar kategori baik. Saran : Sebaiknya santri meningkatkan personal hygine gigi dan mulut dengan meningkatkan kedisiplinan dalam menggosok gigi sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak pesantren.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: Personal Hygiene, Santri
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 05 Dec 2019 02:10
Last Modified: 05 Dec 2019 02:10
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/22

Actions (login required)

View Item View Item