PENGARUH PEMBERIAN VIDEO EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG BIJAK MENGGGUNAKAN ANTIBIOTIK

Angga Gunawan, Ragil and Kumala Hati, Anita (2021) PENGARUH PEMBERIAN VIDEO EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG BIJAK MENGGGUNAKAN ANTIBIOTIK. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
HALAMAN JUDUL - Ragil Angga gunawan.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Ragil Angga gunawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB V - Ragil Angga gunawan.pdf

Download (104kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN - Ragil Angga gunawan.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV - Ragil Angga gunawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
NASKAH LENGKAP - Ragil Angga gunawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III - Ragil Angga gunawan.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II - Ragil Angga gunawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BAB I - Ragil Angga gunawan.pdf

Download (196kB)
[img] Text
ABSTRAK - Ragil Angga gunawan.pdf

Download (188kB)
[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI - Ragil Angga gunawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)

Abstract

Latar Belakang : Untuk mengurangi resistensi terhadap antibiotik dimasyarakat penting untuk diberikan pemahaman tentang penggunaan antibiotik dengan bijak, penelitian yang dilakukan Antimicrobial Resistant in Indonesia (AMRIN-Study) dibuktikan dari 2.494 individu dimasyarakat resisten terhadap beberapa antibiotik untuk meningkatkan rasionalitas dalam penggunaan antibiotik maka perlu dilakukan edukasi melalui video kepada masyarakat dengan tujuan untuk mengetahui pengetahuan tentang bijak menggunakan antibiotik. Metode : Penelitian ini menggunakan metode pendekatan cross sectional dengan rancangan penelitian model one group pretes dan posttest.dengan menggunakan sampel sebanyak 50 orang responden melalui pendekatan kuantitatif dengan instrumen yang digunakan berupa angket atau kuesioner. Hasil : Tingkat pengetahuan sebelum pemaparan video edukasi dengan kategori rendah 26 orang, kategori sedang 16 orang, kategori tinggi 8 orang, setelah pemaparan video edukasi hasil menunjukkan kategori rendah 2 orang, kategori sedang 9 orang, kategori tinggi 39 orang, hasil uji normalitas sebesar 0,552 lebih besar dari 0,005 dapat dikatakan bahwa hasil dari penelitian ini memiliki nilai residual berdistribusi normal, hasil dari uji T-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,005 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan kelompok ibu-ibu yasinan sebelum dan sesudah pemaparan video edukasi. Kesimpulan : Dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemaparan video edukasi tentang bijak menggunakan antibiotik memberikan peningkatan yang signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 terhadap tingkat pengetahuan tentang bijak menggunakan antibiotik. Kata Kunci : Video Edukasi, Bijak Antibiotik, Tingkat Pengetahuan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: Ragil Angga Gunawan 052191137, Video Edukasi, Bijak Antibiotik, Tingkat Pengetahuan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Farmasi
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 1
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:01
Last Modified: 27 Oct 2021 03:01
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item View Item