Sugiantoro, Sugiantoro (2021) ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BERGAS KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.
Text
DAFTAR PUSTAKA_Sugiantoro_050117A103 - sugiantoro.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
Text
Halaman Depan_Sugiantoro_050117A103 - sugiantoro.pdf Download (26kB) |
|
Text
BAB V_Sugiantoro_050117A103 - sugiantoro.pdf Download (116kB) |
|
Text
Skripsi_Sugiantoro_050117A103 - sugiantoro.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB I_Sugiantoro_050117A103 - sugiantoro.pdf Download (301kB) |
|
Text
Lampiran Depan_Sugiantoro_050117A103 - sugiantoro.pdf Download (628kB) |
|
Text
Abstrak_Sugiantoro_050117A103 - sugiantoro.pdf Download (12kB) |
|
Text
BAB III_Sugiantoro_050117A103 - sugiantoro.pdf Download (498kB) |
|
Text
BAB IV_Sugiantoro_050117A103 - sugiantoro.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN_ARTIKEL_SUGIANTORO_050117A103 - sugiantoro.pdf Download (248kB) |
|
Text
BAB II_Sugiantoro_050117A103 - sugiantoro.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
|
Text
ARTIKEL_Sugiantoro_050117A103 - sugiantoro.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
Abstract
ABSTRAK Latar Belakang : Waktu tunggu merupakan lamanya waktu pasien menunggu pelayanan kefarmasian sampai mendapatkan obat, menunggu dalam waktu yang lama menyebabkan ketidak puasan pasien. Penyebab utama lamanya waktu pelayanan pasien di Instalasi Farmasi salah satunya yaitu banyaknya pasien yang berkunjung, pemeriksaan resep terlebih dahulu oleh petugas apotek dan penyiapan obat, terbatasnya staf pelayanan kefarmasian lainnya. kualitas pelayanan kefarmasian dapat dilihat melalui beberapa dimensi seperti dimensi tangible, reliability, responsiveness , assurance , empathy. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu pelayanan resep dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Bergas Kabupaten semarang. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian secara kuantitatif non eksperimental dengan pengambilan data secara prospektif dengan media google form. Pengambilan sampel dilakukan secara non probability sampling sampel sebanyak 100 sampel yang merupakan pasien yang menunggu dalam pelayanan resep obat. Hasil : Hasil penelitian waktu tunggu pelayanan resep dikatakan sesuai standar sebesar 98% , sedangkan yang tidak sesuai standar sebesar 2%. Untuk hasil dari kepuasan pasien di instalasi farmasi Puskesmas Bergas kabupaten Semarang, pada variable sangat puas sebesar 42%, puas sebesar 54 % dan untuk yang kurang puas sebesar 4%. Pada uji chi square menunjukan hasil uji statistit di dapatkan nilai p 0,094 > 0,05 yang menunjukan tidak adanya hubungan antara waktu tunggu pelayanan resep dengan tingkat kepuasan pasien. Kesimpulan : Kualitas pelayanan resep di instalasi farmasi Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang kepada pasien dikategorikan puas dan tidak adanya hubungan antara waktu tunggu pelayanan resep dengan tingkat kepuasan. Kata Kunci : waktu tunggu, kepuasan pasien, Puskesmas
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Keywords: | Sugiantoro 050117A103, waktu tunggu, kepuasan pasien, Puskesmas | ||||||||
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas UNW > S1 Farmasi | ||||||||
User Id: | UPT Perpustakaan UNW 1 | ||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2021 02:23 | ||||||||
Last Modified: | 05 Nov 2023 03:02 | ||||||||
URI: | http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/1787 |
Actions (login required)
View Item |