PENGELOLAAN KETIDAKEFEKTIFAN MANAJEMEN KESEHATAN PADA KELUARGA Tn. S DENGAN DIABETES MELITUS DI KELURAHAN CANDIREJO UNGARAN

SAFITRI, NI WAYAN (2019) PENGELOLAAN KETIDAKEFEKTIFAN MANAJEMEN KESEHATAN PADA KELUARGA Tn. S DENGAN DIABETES MELITUS DI KELURAHAN CANDIREJO UNGARAN. D3 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
KTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MANUSKRIP.pdf

Download (503kB)

Abstract

Diabetes mellitus adalah suatu keadaan dimana tubuh tidak bisa menghasilkan hormon insulin sesuai kebutuhan atau tubuh tidak bisa memanfaatkan secara optimal insulin yang dihasilkan. Diabetes mellitus merupakan penyakit yang membutuhkan perawatan lanjutan tidak hanya dirumah sakit tetapi juga perawatan dirumah yang membutuhkan keterlibatan keluarga. Ketidakmampuan keluarga dalam menjalankan fungsi perawatan kesehatan memunculkan masalah ketidakefektifan manajemen kesehatan. Masalah kesehatan yang muncul dikeluarga tentunya sangat tergantung kepada bagaimana keluarga menjalankan fungsi dan tugas keluarga dalam kesehatan keluarga. Pengelolaan ketidakefektifan manajemen kesehatan dengan diabetes mellitus dilakukan 2 hari dengan teknik data berupa wawancara, observasi dan pemeriksaan fisik secara langsung kepada pasien dan keluarga. Metode yang digunakan adalah proses keperawatan. Salah satu proses tersebut adalah implementasi. Implementasi yang diberikan yaitu memberikan pengelolaan berupa perawatan dan pemberian pendidikan kesehatan. Hasil pengelolaan didapatkan keluarga mampu menjelaskan kembali tentang perawatan diabetes mellitus, pencegahan diabetes mellitus dan mampu mengenal masalah kesehatan yang terjadi pada keluarga, serta mau melakukan kunjungan pelayanan kesehatan secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Saran bagi perawat diharapkan lebih aktif dalam memberikan informasi mengenai kesehatan dengan melakukan penyuluhan langsung ke individu dan keluarga yang memiliki masalah kesehatan. Sehingga keluarga mengetahui dan memahami tentang suatu penyakit dan perawatannya khususnya penyakit diabetes mellitus.

Item Type: Thesis (D3)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
UNSPECIFIEDWulansari, WulansariUNSPECIFIED0612068306
Keywords: Diabetes Melitus, Ketidakefektifan Manajemen Kesehatan, Keluarga
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas > D3 Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 20 Dec 2019 01:55
Last Modified: 20 Dec 2019 01:55
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item