ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. R. SOEDJONO SELONG

NOPIAN, HARYSANDY and Yuswantina, Richa (2021) ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. R. SOEDJONO SELONG. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
S1_052191040_Halaman Judul - Nopian Harysandy.pdf

Download (42kB)
[img] Text
S1_052191040_Daftar Pustaka - Nopian Harysandy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
S1_052191040_BAB III - Nopian Harysandy.pdf

Download (190kB)
[img] Text
S1_052191040_Lampiran Depan - Nopian Harysandy.pdf

Download (350kB)
[img] Text
S1_052191040_Skripsi Lengkap - Nopian Harysandy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
S1_052191040_BAB III - Nopian Harysandy.pdf

Download (190kB)
[img] Text
S1_052191040_BAB II - Nopian Harysandy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
S1_052191040_BAB I - Nopian Harysandy.pdf

Download (104kB)
[img] Text
S1_052191040_BAB IV - Nopian Harysandy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
S1_052191040_Abstrak - Nopian Harysandy.pdf

Download (93kB)
[img] Text
S1_052191040_Artikel - Nopian Harysandy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
S1_052191040_Lembar Pengesahan Artikel - Nopian Harysandy.pdf

Download (60kB)

Abstract

Latar belakang : Waktu tunggu adalah masalah yang masih sering di jumpai pada pelayanan kesehatan, yang salah satunya bisa berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien, dengan standar untuk obat racikan ≤ 30 menit, sementara untuk obat racikan ≤ 60 menit, sehingga perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui waktu tunggu serta faktor apa saja yang mempengaruhi pelayanan resep obat racikan dan non racikan. Metode : Penelitian dilakukan di IFRS Dr. R. Soedjono Selong menggunakan metode penelitian Observasi deskriptif dengan pendekatan Cross sectional dengan pengambilan data secara Prosfektif. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan Rumus rata-rata (Mean) yaitu X = Σ X / N. Hasil : Rata-rata waktu tunggu pelayanan resep non racikan sebanyak 18,89 menit sedangan untuk racikan sebanyak 40,24 menit. Faktor yang mempengaruhi di antaranya jumlah obat yang diresepkan, ketersediaan obat, alur pelayanan resep obat, untuk racikan 73 resep memenuhi standar (97,33%), 2 resep tidak sesuai standar (2,67%), sedangkan untuk non racikan 75 resep sesuai standar (91,50%), 7 resep tidak sesuai standar (8,50%). Kesimpulan : Dilihat dari hasil rata-rata, waktu tunggu telah memenuhi standar pelayanan, namun bila di lihat dari tiap pelayanan resep masih ada beberapa yang belum memenuhi standar pelayanan, di karenakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya adalah jumlah obat yang diresepkan, ketersediaan obat dan alur pelayanan resep obat. Saran : Menyediakan fasilitas dan sistem yang memadai untuk pemanggilan pengambilan obat pasien dan jika terjadi kekosongan obat baiknya di antisipasi dengan meminjam ke rumah sakit terdekat ataupun di ganti dengan obat yang golongan atau isinya sama. Kata Kunci : Waktu tunggu, Resep obat, Pelayanan IFRS

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: NOPIAN HARYSANDY NIM. 052191040, Waktu tunggu, Resep obat, Pelayanan IFRS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas UNW > S1 Farmasi
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 1
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:14
Last Modified: 21 Oct 2021 04:14
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item View Item