PERBEDAAN TINGKAT NYERI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN TERAPI ZIKIR PADA PASIEN POST OPEN REDUCTION INTERNAL FIXATION (ORIF) DI RSUD SALATIGA

Prasetyo Aji, Mohamad (2019) PERBEDAAN TINGKAT NYERI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN TERAPI ZIKIR PADA PASIEN POST OPEN REDUCTION INTERNAL FIXATION (ORIF) DI RSUD SALATIGA. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
artikel.pdf

Download (235kB)
[img] Text
full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Setiap pembedahan selalu berhubungan dengan insisi atau sayatan yang merupakan trauma atau kekerasan bagi penderita yang menimbulkan berbagai keluhan dan gejala, diantaranya nyeri. Salah satu terapi non farmakologi untuk mengatasi nyeri yaitu dengan terapi zikir. Zikir merupakan pengembangan dari respon relaksasi dengan irama yang teratur disertai sikap pasrah kepada Tuhan. Tujuan: untuk mengetahui perbedaan tingkat nyeri sebelum dan sesudah diberikan terapi zikir pada pasien post open reduction internal fixation (orif). Metode: Jenis desain dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan pendekatan one group pretest-posttest group design. Tehnik sampel yang digunakan accidental sampling dengan sample berjumlah 20 responden. Hasil dan Simpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nyeri sebelum dilakukan perlakukan adalah 4,40 dengan nilai terendah adalah 2 dan tertinggi adalah 6. Rata-rata nyeri sesudah dilakukan perlakuan adalah 2,20 dengan nilai terendah adalah 1 dan tertinggi adalah 4. Ada perbedaan terapi zikir terhadap tingkat nyeri pada pasien post open reduction internal fixation (ORIF) sebelum dan sesudah diberikan terapi zikir dengan nilai ρ-value sebesar 0,000, ρvalue < α (0,000 < 0,05), sehingga terapi dzikir sangat bermanfaat terhadap penurunan tingkat nyeri pada pasien post open reduction internal fixation (ORIF) selain dengan terapi farmakologi. Saran: Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi perawat untuk menerapkan terapi zikir sebagai salah satu alternatif terapi bagi penurunan tingkat nyeri pada pasien post open reduction internal fixation (ORIF).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: Nyeri, Terapi Zikir, Post Operasi, ORIF
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 1
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:17
Last Modified: 04 Dec 2019 03:17
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/15

Actions (login required)

View Item View Item