Hubungan Pengetahuan dengan Stigma Masyarakat terhadap Penderita Tuberkulosis di Kelurahan Sambiroto Kecamatan Tembalang Kota Semarang

NUR FARIDA, AZIZAH (2019) Hubungan Pengetahuan dengan Stigma Masyarakat terhadap Penderita Tuberkulosis di Kelurahan Sambiroto Kecamatan Tembalang Kota Semarang. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (356kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Tuberkulosis adalah penyakit infeksi menular yang di sebabkan oleh Mycobcterium Tuberculosis. Berdasarkan fenomena ditemukan peningkatan penemuan kasus tuberkulosis di Kelurahan Sambiroto yang mencapai 100% pada tahun 2016. Dibutuhkan pengetahuan mengenai penyakit tuberkulosis agar penderita tidak mengalami stigma dan diskriminasi yang mengakibatkan penundaan diagnostik dan pengobatan. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan stigma masyarakat terhadap penderita tuberkulosis di Kelurahan Sambiroto Kecamatan Tembalang Kota Semarang Metode : Penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Responden adalah masyarakat berusia 21-45 tahun yang tidak menderita tuberkulosis. Teknik pengambilan sampel adalah Proportionate Random Sampling. Analisis statis menggunakan uji Chi-Square dengan nilai signifikan <0,05. Hasil : Hasil uji Chi-Square diperoleh p-value 0,000. Oleh karena p-value 0,000 < α 0,05 maka disimpulkan ada hubungan antara pengetahuan dengan stigma masyarakat terhadap penderita tuberkulosis di Kelurahan Sambiroto Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Saran : Bagi masyarakat yang masih memiliki stigma tinggi terhadap penderita tuberkulosis untuk tetap berinteraksi dengan penderita tuberkulosis dan tidak melakukan penolakan sert diskriminasi terhadap penderita tuberkulosis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: Pengetahuan Tuberkulosis, Stigma Masyarakat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 1
Date Deposited: 04 Dec 2019 02:55
Last Modified: 04 Dec 2019 02:55
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item View Item