PENGELOLAAN KETIDAKEFEKTIFAN PEMELIHARAAN KESEHATAN PADA KELUARGA Tn. I DENGAN POST STROKE DI KELURAHAN CANDIREJO UNGARAN

ANDRIANI, DEWI (2019) PENGELOLAAN KETIDAKEFEKTIFAN PEMELIHARAAN KESEHATAN PADA KELUARGA Tn. I DENGAN POST STROKE DI KELURAHAN CANDIREJO UNGARAN. D3 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)
[img] Text
MANUSKRIP.pdf

Download (395kB)

Abstract

Stroke atau cedera serebrovaskuler adalah kehilangan fungsi otak yang diakibatkan oleh terhentinya suplai darah ke bagian otak. Orang yang telah mengalami serangan stroke lebih mudah terkena serangan ulang stroke dan dampaknya lebih parah dari serangan pertama dimana angka kematian dan kecacatan lebih tinggi. Serangan stroke berulang (sekunder) ini bisa lebih fatal dari stroke pertama, karena bertambah luasnya kerusakan otak yang terjadi akibat serangan stroke sebelumnya. Tujuan penulisan ini untuk mendiskipsikan pengelolaan ketidakefektifan pemeliharaan kesehatan pada pasien post stroke di Desa Candirejo Ungaran. Tindakan yang dilakukan untuk mengatasi masalah ketidakefektifan pemeliharaan kesehatan adalah kesiapan peningkatan pembelajaran yang didalamnya menggali pengetahuan pasien dan keluarga tentang penyakit stroke dan cara perawatan pasien post stroke, memberikan pendidikan kesehatan tentang cara mencegah stroke berulang dan pendidikan kesehatan tentang penataan lingkungan untuk lansia. Hasil pengelolaan didapatkan pasien dan keluarga sudah memahami tentang pencegahan stroke berulang dan penatalaksanaan lingkungan untuk lansia. Pasien dan keluarga tampak mampu menyiapkan lingkungan rumah yang aman seperti memberikan pegangan pada kamar mandi, memberi keset di pintu yang menghubungkan kamar mandi dan dapur. Saran bagi keluarga diharapkan keluarga dapat melaksanakan perawatan pada anggota keluarga yang sakit khususnya perawatan pada post stroke dengan ketidakefektifan pemeliharaan kesehatan dengan cara rajin control dan rajin minum obat agar tekanan darah dapat terkontrol dan menjaga lingkungan rumah agar tidak beresiko terjadinya jatuh.

Item Type: Thesis (D3)
Keywords: Post stroke, ketidakefektifan pemeliharaan kesehatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas > D3 Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 16 Dec 2019 03:54
Last Modified: 16 Dec 2019 03:54
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item