HUBUNGAN DUKUNGAN IBU DENGAN PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 01 LEREP KABUPATEN SEMARANG

Ani Maftuchah, Maftuchah (2019) HUBUNGAN DUKUNGAN IBU DENGAN PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 01 LEREP KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (508kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

latar Belakang: Pemeliharaan kesehatan gigi berfungsi untuk menghilangkan sekaligus mencegah plak dan debris, membersihkan sisa makanan yang nempel pada gigi, menghilangkan bau mulut yang tidak diinginkan dalam pemeliharaan kesehatan gigi. Orangtua khususnya ibu sangat berpengaruh dalam memberikan dukungan dan semangat untuk anaknya terutama agar mau merawat dan membersihkan gigi. Perawatan gigi anak juga tergantung bagaimana ibu membantu merawatnya. Ibu sebagai orang yang tepat dan baik dalam memberikan perawatan pada anak. Tujuan: Mengetahui hubungan dukungan ibu dengan perilaku pemeliharaan keseharan gigi pada anak di SDN 01 Lerep Kabupaten Semarang. Metode: Desain penelitian ini deskripstif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah 91 siswa dengan jumlah sampel 91 responden menggunakan metode total sampling. Instumen yang diggunakan adalah kuesioner. Analisis bivariant menggunakan uji Chi Square. Hasil: Ada hubungan dukungan ibu dengan perilaku pemeliharaan keseharan gigi pada anak SDN 01 Lerep Kabupaten Semarang dengan nilai p value 0,000< (α = 0,05) dimana dukungan ibu didominasi ibu yang mendukung sebanyak 83 respodnen (91,2%) dan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi pada anak dalam kategori perilaku baik sebanyak 81 responden (89%) Saran: Sebaiknya ibu melakukan usaha untuk lebih aktif dalam memelihara kesehatan gigi anak dan lebih memperhatikan kesehatan gigi anak agar dapat mencegah terjadinya masalah selanjutnya seperti karies dan gigi berlubang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: Dukungan Ibu, Anak Sekolah, Pemeliharaan Kesehatan Gigi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas > S1 Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 3
Date Deposited: 16 Dec 2019 03:50
Last Modified: 16 Dec 2019 03:50
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item View Item