PENGELOLAAN KEPERAWATAN GANGGUAN KONSEP DIRI: HARGA DIRI RENDAH PADA Tn. N DENGAN SKIZOFRENIADI WISMA HARJUNA RUMAH SAKIT JIWAPROF. dr. SOEROJO MAGELANG

APRILIAS TANTI, RIRIN (2019) PENGELOLAAN KEPERAWATAN GANGGUAN KONSEP DIRI: HARGA DIRI RENDAH PADA Tn. N DENGAN SKIZOFRENIADI WISMA HARJUNA RUMAH SAKIT JIWAPROF. dr. SOEROJO MAGELANG. D3 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
MANUSKRIP.pdf

Download (769kB)

Abstract

Seseorang dengan skizofrenia mempunyai salah satu gejala utama yaitu gangguan konsep diri: harga diri rendah. Harga diri rendah adalah perasaan tidak berharga, tidak berarti dan rendah diri yang berkepanjangan akibat evaluasi yang negatif terhadap diri sendiri atau kemampuan diri. Tujuan penulisan ini untuk menggambarkan Pengelolaan Keperawatan Harga Diri Rendah pada Tn. N dengan Skizofrenia di Wisma Harjuna Rumah Sakit Jiwa Prof Dr Soerojo Magelang Metode yang digunakan dengan memberikan pengelolaan berupa asuhan keperawatan klien dalam meningkatkan harga diri rendah. Pengelolaan harga diri rendah dilakukan selama 3 hari yaitu pada hari Senin tanggal 21 Januari 2019 sampai hari Rabu tanggal 23 Januari 2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan metodologi keperawatan diantaranya melalui pengkajian yang meliputi pemeriksaan fisik, diagnosa keperawatan, intervensi, implementasi dan evaluasi. Hasil pengelolaan didapatkan klien mampu melakukan cara meningkatkan harga dirinya dengan cara melakukan kegiatan. Kegiatan yang dilakukan salah satu nya mengajarkan melakukan tindakan positif berupa mencuci piring, menyapu dan membersihkan tempat tidur.Hasil yang di peroleh masalah Harga diri rendah dapat teratasi sebagian. Dengan kriteria hasil Tn. N mampu mengawali pembicaraan, kontak mata bertambah dengan lawan bicara dan sudah mau menyapu, membersihkan tempat tidur dan sudah mau mencuci piring. Contoh setelah makan siang Tn. N sudah mau menyapu ruang makan. Saran bagi perawat RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang diharapkan meningkatkan asuhan keperawatan harga diri rendah dengan melibatkan klien dalam berbagai macam kegiatan ruangan untuk meningkatkan harga diri klien.

Item Type: Thesis (D3)
Keywords: Skizofrenia, konsep diri, harga diri rendah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas > D3 Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 1
Date Deposited: 13 Dec 2019 03:33
Last Modified: 17 Dec 2019 03:20
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item